Kebaya Jenis Apa yang Cocok Untukmu?

12 May 2014 | 08:32

Kebaya pengantin pastilah harus istimewa. Kebaya pengantin yang Anda pilih harus sesuai dengan tema acara serta kepribadian si pemakainya yaitu Anda sendiri. Di acara yang istimewa ini, Anda pasti merasa seperti ratu sehari. Tak sedikit perempuan yang menginginkan kebaya seperti impian mereka, mulai dari potongan, model sampai warna kebaya. Jika Anda ingin memesan kebaya pengantin, sebaiknya pesan 3-5 bulan sebelum acara digelar.

Kebaya pengantinNah untuk Anda yang sedang mempersiapkan kebaya spesial untuk hari pernikahan Anda, perhatikan beberapa tips berikut ini:

  • Potongan kebaya yang Anda pilih. Ketika Anda memikirkan tentang potongan kebaya yang Anda inginkan, sebaiknya Anda perhatikan bentuk tubuh Anda sendiri. Kesempatan, konsep acara dan bentuk tubuh adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan. Karena jika semuanya tidak berkesinambungan, maka kebaya yang dibuat tidak akan cocok. Jika badan Anda cenderung kurus, sebaiknya jangan memilih kebaya dengan potongan bagian lengan yang terlalu kecil. Sebaliknya jika badan Anda gemuk, jangan pilih potongan lengan kebaya yang terlalu besar. Tinggi badan Anda juga berpengaruh pada pemilihan model kebaya. Jika badan Anda tinggi, Anda bisa memilih potongan kebaya yang panjang sampai menyapu lantai sehingga kaki yang jenjang bisa terlihat lebih indah ketika ditutup dengan bagus. Sebaliknya, jika tinggi badan Anda tergolong pendek, sebaiknya hindari potongan kebaya yang panjang sampai menyapu lantai. Pilihlah kebaya yang panjangnya tidak sampai menyentuh lutut atau panjangnya cukup sampai bawah pinggul. Selain faktor internal, Anda juga harus memperhatikan konsep acara pernikahan Anda, apakah indoor atau outdoor. Jadi jika Anda menggunakan konsep outdoor wedding, sebaiknya hindari kebaya yang terlalu panjang sampai menyapu lantai karena resiko terinjak.
  • Perhatikan trik khusus. Kebaya pengantin yang bagus biasanya didapat dari trik-trik khusus yang dimiliki oleh para desainer. Jadi ketika Anda ingin membuat kebaya, khususnya kebaya spesial untuk hari pernikahan, jangan setengah-setengah ketika konsultasi dengan desainer. Misalnya Anda mempunyai bentuk leher yang kurang jenjang, desainer biasanya mempunyai trik khusus untuk menyamarkannya seperti memberikan potongan leher yang membuat leher terlihat jenjang (potongan dada rendah atau potongan kerah bentuk V). Aplikasi-aplikasi tertentu yang diterapkan juga bisa menutup kekurangan di sana-sini. Jadi, selalu konsultasikan dengan desainer apapun yang Anda rasakan masih kurang.

Pemilihan warna. Kebaya pengantin yang ideal juga harus mempertimbangkan warna. Karena warna juga bisa berpengaruh pada hasil akhir dan tampilan wajah Anda. Jika Anda mempunyai tubuh gemuk, sebaiknya pilihlah warna gelap untuk menyamarkan bentuk tubuh. Sebaliknya untuk Anda yang mempunyai tubuh kurus sebaiknya memilih warna-warna cerah ceria agar terlihat lebih berisi. Selain kurus-gemuk, warna juga harus disesuaikan dengan warna kulit. Jika warna kulit Anda sawo matang atau coklat, sebaiknya hindari warna busana yang gelap. Ketika Anda memilih warna ungu, maka pilihlah warna ungu yang gradasinya lebih cerah.