Kebiasaan Sehat untuk Rambut Cantik

1 April 2013 | 09:37

Rambut cantik ternyata bisa didapat dari kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan setiap hari. Rambut cantik bahkan bisa didapat hanya dari kebiasaan kecil yang mungkin kita anggap sangat biasa, seperti keramas. Tapi Anda juga tidak boleh sembarangan memilih shampoo untuk perawatan rambut Anda. Selain keramas, ada banyak hal lain yang perlu kita lakukan untuk mempertahankan kecantikan rambut kita. Karena ada banyak hal yang bisa membahayakan kecantikan rambut kita setiap hari, seperti kotoran, debu, sinar matahari, asap rokok dan hal-hal lain yang sangat berpengaruh pada kesehatan dan kecantikan rambut. Belum lagi jika Anda termasuk orang yang gemar bergonta-ganti gaya dan warna rambut, maka yang terancam adalah kelebatan, kekuatan dan warna kemilau rambut Anda. Jika ditinjau lebih lanjut, ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat rambut Anda tetap terlihat menawan, antara lain:

Rambut cantik

  • Tidur cukup. Tidur merupakan aktivitas vital untuk memulihkan semua energy di dalam tubuh yang sudah terpakai untuk melakukan aktivitas seharian. Jadi, bisa diibaratkan bahwa tidur adalah aksi reset energy setiap bagian tubuh, misalnya rambut dan kuilt. Jadi ketika Anda kurang tidur, maka akan berimbas pada kondisi rambut dan kulit. Beberapa masalah yang muncul antara lain spot hitam, jerawat, rambut kusut dan kerontokan rambut. Jadi dengan tidur, kerusakan ringan yang ada pada rambut mampu disembuhkan dengan sendirinya.
  • Olahraga secara teratur. Rambut cantik bisa Anda raih dengan olahraga secara teratur. Jangan berpikir Anda harus menyediakan waktu seharian untuk berolahraga, karena Anda cukup meluangkan waktu sekitar 15-30 menit saja sehari atau minimal 3 kali dalam seminggu. Anda bisa melakukan berbagai jenis olahraga ringan yang bisa anda sempatkan di sela-sela kesibukan Anda, seperti jalan cepat, berenang atau lari-lari kecil. Olahraga ringan seperti ini pun sudah mampu membantu tubuh untuk memperlancar peredaran darah sehingga oksigen bisa tersalurkan dengan baik ke seluruh bagian tubuh.
  • Kurangi dan hindari merokok. Karena asap rokok tidak hanya berbahaya bagi kesehatan organ dalam saja tetapi juga berpengaruh buruk terhadap setiap batang rambut Anda. Asap rokok bisa menyebabkan rambut menjadi kusam dan kering, kurang bersinar dan menghilangkan kelembabannya. Selain itu, asap rokok juga akan meninggalkan bau yang kurang sedap pada rambut.
  • Diet sehat. Rambut cantik bisa didapatkan jika Anda mampu menyeimbangkan asupan nutrisi ke dalam tubuh. Jadi untuk mendapatkan rambut yang sehat dan cantik, Anda harus memenuhi kebutuhan protein, zat besi dan juga vitamin C. karena zat besi mempunyai manfaat untuk membantu mencegah anemia dan juga memperkuat batang rambut. Untuk protein mempunyai manfaat untuk membuat rambut tidak mudah rapuh, tetap kuat dan tidak mudah patah. Sedangkan untuk vitamin C mempunyai fungsi untuk mencegah rambut kemerahan dan bercabang.