Kecantikan juga Dipengaruhi oleh Alis Mata

16 January 2013 | 09:52

Alis mata berfungsi untuk menyempurnakan bentuk kecantikan itu sendiri. Alis mata selama ini dianggap kurang andil dalam menentukan kecantikan itu sendiri karena banyak yang beranggapan bentuk mata lah yang memegang peranan penting untuk menyempurnakan penampilan. Lalu apa saja fungsi bagian dari wajah yang satu ini terhadap penampilan? Yuk, intip!

Alis mata

  • Menyeimbangkan bentuk wajah. Alis berfungsi untuk membingkai keseluruhan wajah agar terlihat lebih cantik. Karena bentuk alis bisa menyeimbangkan wajah yang panjang atau tulang pipi yang lebar agar terlihat lebih proporsional. Bentuk dan jarak mata yang kurang proporsional ternyata juga bisa disamarkan dengan bentuk alis yang agak panjang. Jika mata terpisah agak jauh, maka yang akan memberi ilusi jarak pendek antara mata adalah bentuk alis yang berdekatan. Sebaliknya, jika jarak mata terlalu pendek, maka untuk membuat ilusi jarak mata yang lebih panjang dan wajah yang lebih luas, Anda bisa membuat alis agar lebih berjauhan. Jadi, untuk menyempynarakn bentuk mata dan bentuk wajah, Anda bisa merapihkan bentuk alis terlebih dahulu. Cabutlah beberapa bulu yang tidak beraturan di bawah dan atas alis. Cara mudah untuk membentuk alis secara tepat adalah dengan membasuh wajah dengan air hangat dan biarkan beberapa waktu. Cara ini berfungsi untuk melembutkan folikel alis agar tidak terasa sakit ketika dicabut atau dirapihkan.
  • Membingkai wajah. Alis mata sebenarnya sudah mempunyai alur tumbuhnya sendiri untuk bisa menyeimbangkan wajah. Nah untuk bisa membuatnya tampak alami, Anda juga sebaiknya membiarkannya tumbuh secara alami. Jika Anda berwajah bulat, bingkai alis yang membentuk sudut (angular) kecil dengan mata dan hindari bentuk alis dengan sudut yang terlalu tinggi. Idealnya untuk wajah bulat, bentuk alis dengan gaya sedikit lurus atau dengan lengkungan yang lebih tinggi. Sedangkan untuk Anda yang mempunyai bentuk wajah seperti hati sebaiknya membiarkan alis tegak dan lurus. Untuk wajah oval, sebaiknya pilih alis dengan lengkungan tinggi.
  • Tampak lebih ceria. Pernahkah Anda menyadari bahwa bentuk alis berpengaruh pada mood Anda? Ya, jika Anda salah merapihkan alis, maka bisa-bisa Anda membuat wajah Anda terlihat galak atau jutek. Sebaliknya, jika Anda membentuk alis dengan tepat sesuai dengan bentuk wajah, maka akan terlihat bergairah dan ceria. Salah membentuk alis biasanya disebabkan oleh proses pencabutan yang berlebihan. Nah untuk menghindari salah cabut, And abisa menggunakan bantuan pensil alis. Caranya adalah dengan membentuk alis dengan pensil alis, kemudian cabutlah bulu yang berada di luar bentuk yang Anda inginkan.
  • Tampak lebih muda. Alis mata yang sempurna bisa membuat seseorang terlihat lebih muda. Salah satu caranya adalah dengan menyikat alis menuju luar dan atas mata. Karena cara ini bisa membuat jarak antara kelopak, mata dan alis menjadi lebih besar dan membuat wajah Anda terlihat lebih segar dan muda.