Ketahui Apakah Ada Tanda Kurang Gizi Didalam Diri Anda

1 April 2013 | 09:37

Tanda kurang gizi bagi para perempuan ternyata bisa jarang disadari. Tanda kurang gizi pada perempuan ini menunjukkan bahwa kandungan gizi yang diasup oleh perempuan relatif kurang. Jika dibandingkan dengan pria, perempuan memang lebih doyan makan. Tetapi yang dimakan oleh perempuan biasanya menu-menu yang tidak mengandung gizi yang cukup untuk tubuh. Banyak perempuan yang doyan ngemil, doyan makanan fast food, doyan makanan instan dan makanan lain yang tidak mempunyai kandungan gizi yang cukup. Dan ternyata mereka yang bertubuh bongsor belum tentu jelebihan gizi, malah jutrsu mereka juga bisa dikategorikan kurang gizi. Akibat yang terlihat dari kurang gizi ini sangat terlihat pada penampilan, seperti kuku yang rapuh dan mudah patah, kerontokan rambut yang sangat parah, dan lain sebagainya.

Tanda kurang gizi

Selain cara makan yang salah, kekurangan gizi juga bisa disebabkan oleh cara diet yang salah karena Anda hanya mengkonsumsi makanan-makanan tertentu saja. Nah, ingin tahu apa saja tanda-tanda kurang gizi? Ini dia!

  • Mudah cemas. Ini merupakan tanda pertama yang paling kentara dari perempuan yang kurang gizi. Dia akan terlihat tidak mempunyai cukup energi walaupun sudah makan. Tubuhnya akan terasa lelah, lemas dan kehabisan energi. Hal ini terjadi karena tubuh kekurangan kalsium. Itulah mengapa perempuan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi susu secara teratur.
  • Tekanan darah rendah. Tanda kurang gizi yang kedua ini sering dialami oleh perempuan. Hal ini terjadi karena kurangnya asupan gula di dalam tubuh. Perempuan yang menjalani diet ketat sehingga tidak makan semua makanan yang mengandung lemak atau karbohidrat sama sekali sangat berpotensi untuk menderita tekanan darah rendah dan kurang gizi. Boleh-boleh saja Anda melakukan diet untuk mendapatkan tubuh idaman, tetapi yang perlu diingat adalah bahwa diet bukan berarti tidak makan.
  • Tiba-tiba menjadi pemalas. Ketika tekanan darah turun, Anda akan sering merasa malas dan pusing karena tubuh rasanya seperti melayang dan malas melakukan apapun.
  • Anemia. Anemia terjadi karena kekurangan zat besi di dalam tubuh seseorang. Anemia biasanya terjadi pada mereka yang sedang menstruasi. Mereka akan menjadi lebih mudah letih dan lemah.
  • Sensitif dan moody. Tanda kurang gizi yang ini mungkin membuat Anda kaget. Ya, mood swing juga bisa disebabkan oleh kurang gizi. Hal ini karena hormone tidak stabil jadi perempuan akan lebih mudah terpancing emosinya. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang bervariasi agar kebutuhan tubuh terpenuhi.
  • Rambut rontok. Jika rambut Anda rontok secara berlebihan, berminyak dan kusam, bisa jadi tubuh Anda sedang menunjukkan bahwa ada gejala kurang gizi di dalam diri Anda.
  • Menstruasi tidak lancar. Ketika secara mendadak menstruasi tidak lancar atau setelah 2 bulan baru mentruasi, berarti tubuh Anda kekurangan zat besi dan kalsium.
  • Berat badan turun secara drastis. Jadi ketika berat badan Anda tiba-tiba turun secara drastic, bisa jadi ada yang salah. Segera konsumsi makanan yang mempunyai kandungan gizi tinggi.
  • Imun tubuh melemah. Jika imun Anda melemah, ada baiknya Anda segera mengkonsumsi makanan yang mengandung Zinc dan vitamin C.