Ketombe Juga Bisa Disebabkan oleh Makanan

15 April 2013 | 09:33

Makanan penyebab ketombe ternyata sering kita konsumsi sehari-hari. Makanan penyebab ketombe ini memang masih jarang yang mengetahuinya karena selama ini yang kita tahu adalah gaya hidup yang bisa menyebabkan ketombe. Makanan ini juga tidak hanya bisa menyebabkan ketombe tetapi juga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Penasaran makanan apa saja yang menjadi penyebab ketombe? Ini dia penyebabnya:

Makanan penyebab ketombe

  • Produk olahan susu. Jika Anda memang sedang berusaha menghilangkan ketombe, sebaiknya Anda menghindari produk-produk olahan susu mulai sekarang, seperti keju, es krim dan juga susu murni. Karena jenis makanan ini akan mengurangi ketahanan kondisi kulit kepala yang akhirnya bisa memicu munculnya ketombe.
  • Gorengan. Makanan penyebab ketombe yang kedua ini pasti menjadi makanan favorit kita. Selain menjadi penyebab kolesterol, ternyata makanan ini juga bisa menjadi penyebab timbulnya ketombe. Karena jika dikonsumsi secara berlebihan, maka akan merangsang minyak secara berlebihan di kulit kepala. Akhirnya kulit kepala menjadi tidak stabil dari kering ke lembab, dan sebaliknya. Jadi, jika Anda ingin kulit kepala Anda sehat dan bebas ketombe, kurangi konsumsi gorengan mulai sekarang.
  • Makanan yang mengandung gula tinggi. Makanan yang mempunyai kandungan gula tinggi bisa memperparah kondisi kulit kepala Anda, terutama jika kulit kepala Anda sudah berketombe. Dalam seminggu, cobalah untuk mengurangi konsumsi gula. Mulailah mengganti camilan manis dengan buah-buahan segar yang memang manis di pohon.
  • Makanan pedas. Makanan pedas mempunyai kemungkinan dan potensi yang sama dengan makanan yang digoreng. Jadi, makanan pedas juga bisa memicu munculnya ketombe karena bisa merangsang produksi minyak secara berlebihan ke kulit kepala. Akibatnya rambut akan lebih sering gatal dan lepek, bahkan sampai rambut patah.
  • Makanan yang terlalu panas. Makanan penyebab ketombe yang satu ini memang tidak disangka-sangka bisa menjadi penyebab munculnya ketombe. Ketika makan, Anda sebaiknya perlu lebih bersabar karena makanan yang terlalu panas bisa merangsang kondisi tubuh kita, yaitu dari kepala sampai pencernaan. Makanan yang terlalu panas bisa meningkatkan suhu tubuh dan mempengaruhi kondisi rambut dan kulit.

Jadi selain merawat rambut dengan produk-produk perawatan serta kebiasaan-kebiasaan sehari-hari, kita juga harus bisa menjaga makanan kita. Karena dengan mengontrol konsumsi makanan di atas juga akan membantu mendapatkan rambut dan kuilt kepala yang cantik dan sehat. Nah untuk memaksimalkan kecantikan dan kesehatan rambut dan kulit kepala, banyak-banyaklah mengkonsumsi buah, sayur, ikan dan kacang-kacangan.