Ketombe? Siapa Takut?

9 November 2012 | 10:06

Ketombe? Siapa takut? Masih ingatkah Anda dengan tagline ini? Ya, ini adalah tagline sebuah iklan shampoo yang sangat tenar. Ketombe sendiri merupakan salah satu masalah rambut yang biasa dijumpai masyarakat. Bahkan bisa dikatakan jika 99% orang pernah mengalami masalah ini. Ketombe sendiri ditandai dengan munculnya rasa gatal dan munculnya serpihan atau bintik berwara ptih di kulit kepala. Pemakaian shampoo yang berlebihan dan terlalu sedikit dinilai sebagai penyebab utama munculnya ketombe ini. Hal ini disebabkan karena kulit kepala jadi memproduksi minyak.

Ketombe

Tingginya kadar minyak di kulit kepala bisa menyebabkan munculnya peradangan kulit yang dipicu oleh jamur malassezia spp. Jamur ini bersifat lipofik sehingga lingkungan makro dengan kadar minyak yang tinggi akan semakin menyuburkan pertumbuhannya. Ketombe yang tidak tertangani dengan baik bisa menyebabkan rambut rontok. Untuk itulah, Anda harus menyelesaikan masalah ketombe dulu. Untuk pilihan shampoo yang cocok untuk rambut berketombe, Anda sebaiknya memilih shampoo yang mempunyai kandungan tea tree oil, zinc pirition atau shampoo anti jamur yang mengandung ketokonazol. Hubungan ketombe dengan rambut rontok adalah karena saat rambut dipenuhi dengan bintik putih, maka bintik putih itu akan menutupi folikel rambut. Nah ketika folikel rambut dipenuhi oleh ketombe, maka rambut baru tidak bisa tumbuh. Hal inilah yang kemudian menyebabkan kerontokan.

Ketombe sebaiknya segera dihilangkan agar tidak berakibat lebih buruk. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memerangi ketombe:

Pertama, madu. Oleskan madu yang sudah dicampur dengan air. Kemudian diamkan selama tiga jam lalu cuci bersih. Madu akan membuat ketombe hilang dari kulit kepala dalam satu minggu.

Kedua, shampoo tree tea oil. Shampoo yang mempunyai kandungan tea tree oil bisa mengurangi ketombe di kulit kepala. Karena shampoo ini mengandung minyak esensial yang merupakan antiseptic alami yang berfungsi sebagai obat anti jamur. Inilah yang membuat kandungan tea tree oil di dalam shampoo bisa menjadi obat yang efektif dalam memberantas ketombe.

Ketiga, konsultasi dengan penata rambut. Karena terkadang ketombe muncul karena ada kesalahan dalam pemakaian produk. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan penata rambut untuk menghindari ketidak cocokan shampoo. Karena penata rambut bisa memberikan pengarahan tentang produk mana yang sesuai dengan rambut Anda.

Ketombe juga bisa dihilangkan dengan cara yang keempat, yaitu dengan menggunakan shampoo khusus jika rambut berminyak. Jika rambut Anda berminyak dan berketombe, Anda bisa menggunakan shampoo yang khusus untuk jenis rambut ini. Harga perawatannya memang lebih mahal tetapi tidak masalah jika untuk kesehatan maksimal kulit kepala dan rambut Anda. Dokter kecantikan akan membantu Anda untuk memilih shampoo khusus untuk Anda.

Kelima, moisturizer rambut. Ada beberapa factor yang bisa menghilangkan kelembaban alami rambut, yaitu polusi, kondisi lingkungan yang memburuk, udara kering dan sinar matahari. Untuk itulah untuk menjaga kelembaban rambut, Anda disarankan untuk memakai moisturizer. Keramas setidaknya 2 kali sehari, kemudian tambahkan moisturizer dan kondisioner sesudahnya.

Keenam, cari tahu beberapa jenis ketombe. Karena ketombe mempunyai banyak varian. Ada jenis yang bisa menyebabkan kulit kepala memerah dan mengelupas. Jika Anda merasa membutuhkan perawatan khusus, maka sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter.

Ketujuh, pastikan Anda tidak memiliki kutu rambut. Asal Anda tahu, ketombe dengan telur kutu sangat mirip. Pastikan Anda tidak salah membedakannya. Sebelum melakukan pengobatan, sebaiknya Anda pastikan dulu jika itu benar-benar ketombe.