Kondisikan Otak selalu Dalam Kondisi Fit

1 November 2012 | 02:59

Keadaan otak bisa berpengaruh pada kinerja seseorang. Karena jika keadaan otak kondisinya tidak fit, maka akan membuat seseorang menjadi tidak maksimal dalam menjalankan pekerjaan dan kegiatannya. Tetapi apa yang harus dilakukan untuk terus melatih otak? Tentunya dengan melakukan fitness otak yang bisa dilakukan dengan beberapa kegiatan sederhana berikut ini.

Keadaan otak

Pertama, melatih peripherial vision. Anda bisa mulai menantang diri Anda untuk melihat dengan peripherial vision, yaitu pandangan atau penglihatan yang mampu mengenali situasi yang ada di samping atau di sekeliling. Seringkali penglihatan jenis ini bisa disebut sebagai penglihatan luas yaitu mampu melihat berbagai hal yang berada jauh dari titik focus penglihatan. Tetapi Anda tidak boleh melatih kemampuan ini dengan sembarangan. Anda harus tetap melatihnya dengan cara yang benar dan efektif. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa seseorang yang terbiasa melatih peripherial vision mempunyai performa otak lebih tinggi. Bahkan untuk para pengendara jarak jauh yang terbiasa melatih pandangan luasnya ini akan terhindar dari kecelakaan dan juga lebih bisa terjaga saat menyetir.

Keadaan otak juga bisa dilatih dengan cara yang kedua, yaitu dengan menghafal lagu. Karena melatih kebiasaan mendengar dengan teliti akan membawa dampak baik pada kemampuan untuk memahami sesuatu, mengingat dan juga berpikir. Untuk melatih kemampuan ini, Anda bisa menghapal lagu. Karena menghapal lagu membutuhkan focus dan juga memori yang selalu aktif. Cara ini memang sederhana tetapi bisa meningkatkan performa memori Anda.

Cara yang ketiga adalah bmempelajari instrument baru. Anda bisa mencoba beberapa instrument baru yang belum pernah Anda sentuh sebelumnya. Karena dengan memainkan instrument baru akan membuat Anda belajar. Dan tahukah Anda bahwa proses ini akan membantu Anda untuk melatih berbagai fungsi otak, seperti control terhadap gerakan, mendengar dan juga menterjemahkan not menjadi music dalam gerakan ataupun suara. Jadi, music tidak hanya berhubungan dengan seni saja tetapi juga dengan performa otak Anda.

Cara yang keempat adalah Anda tidak boleh kecanduan dengan teka-teki silang. Teka-teki silang memang bisa melatih otak Anda, tetapi Anda jangan langsung membiasakan diri untuk sering memainkannya dan bahkan sampai taraf kecanduan. Karena jika Anda sudah kecanduan teka-teki silang, maka Anda hanya akan menurunkan kemampuan kognitif.

Keadaan otak juga bisa ditingkatkan dengan cara yang keenam, yaitu belajar menggunakan tangan yang lain. Jika sehari-hari Anda menggunakan tangan kanan, maka coba latihlah tangan kiri Anda lebih sering. Dan begi pula sebaliknya. Karena dengan melatih tangan yang jarang digunakan bisa mendorong otak bekerja lebih baik lagi.

Cara yang ketujuh, jalan di permukaan yang tidak rata. Karena ketika kaki berjalan di permukaan yang tidak rata akan merangsang dan meningkatkan system vestibular di bagian dalam telinga. Hal ini akan berpengaruh pada system keseimbangan tubuh Anda.

Cara yang kedelapan yaitu dengan bermain puzzle. Kebiasaan membongkar pasang puzzle akan membantu otak Anda untuk selalu fit dalam kondisi apapun.

Cara yang kesembilan adalah dengan kembali menjadi anak-anak. Kok bisa? Karena ketika kita berperilaku seperti anak-anak, Anda akan lebih memberikan perhatian terhadap berbagai benda yang ada di sekitar Anda. Karena anak-anak selalu berusaha mempelajari hal-hal baru. Cara ini akan membantu melatih otak Anda. Karena ketika Anda berhenti belajar, maka otak Anda juga akan berhenti berkembang.