Konsumsi Makanan Ini di Usia Keemasan Anda

20 May 2014 | 09:47

Usia keemasan seseorang adalah usia 20 tahunan. Karena pada usia keemasan, performa sel-sel di dalam tubuh sedang berada di dalam kondisi yang maksimal, yaitu produksi dan tingkat elastisitas kolagen masih tinggi, metabolisme tubuh di kondisi terbaik dan reproduksi pun bagus. Walaupun performa tubuh sedang tinggi-tingginya, Anda tidak boleh begitu saja mengabaikan perawatan dan asupan di usia emas ini. Anda harus tetap menjaga kulit dan tubuh agar tampilan Anda semakin maksimal dan sehat. Salah satu hal yang harus Anda perhatikan adalah asupan makanannya. Berikut ini beberapa makanan yang pas sekali untuk dikonsumsi pada usia emas Anda:

Usia keemasan

  • Susu rendah lemak. Sejak dini, Anda harus selalu menjaga kepadatan dan kekuatan tulang Anda, khususnya di usia emas ini. Susu rendah lemak yang Anda konsumsi setiap hari bisa memenuhi kebutuhan Anda akan kalsium. Tetapi jika Anda memang tidak menyukai susu, Anda bisa menggantinya dengan mengkonsumsi sayuran hijau dan buah, seperti bayam, brokoli, pisang dan sebagainya.
  • Flaxseed. Usia keemasan juga rentan akan adanya stres karena kegiatan setiap harinya. Jika stres di usia muda tidak Anda antisipasi, maka bisa berpengaruh pada saat usia Anda sudah menua nanti. Flaxseed bisa menjadi andalan saat sedang stres karena mengandung banyak mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Flexseed yaitu jenis biji-bijian yang fungsinya adalah membantu memunculkan perasaan bahagia dan mood positif. Selain itu, flaxseed juga mengandung lignan yaitu zat yang bisa mengurangi resiko kanker payudara. Anda bisa mengkonsumsinya dengan mencampurkannya dengan smoothie buah atau sebagai taburan salad.
  • Kacang-kacangan. Jenis kacang-kacangan yang bisa menurunkan tekanan darah serta menjaga kesehatan jantung antara lain kedelai, kacang hijau, kacang merah dan buncis. Selain itu, kacang-kacangan juga bisa mencegah kegemukan karena bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama.
  • Ikan salmon. Ikan salmon merupakan sumber asam lemak omega 3 yang paling baik. Dengan mengkonsumsi ikan salmon, Anda bisa mencegah penyakit jantung atau depresi pada wanita muda. Salmon juga mempunyai kandungan lemak sehat yang berfungsi untuk menjaga kecantikan kulit dan melembabkan kulit. Cara terbaik untuk mengkonsumsi salmon adalah dengan dikukus, dipanggang atau dimakan mentah menjadi sushi dan sashimi.
  • Telur. Seperti yang kita ketahui, telur mempunyi kandungan protein sehat yang berlimpah sehingga bisa dikonsumsi kapanpun. Anda bisa memakannya kapanpun dan dengan cara apa saja, bisa dengan cara dibuat telur mata sapi, direbus atau omelet.
  • Buah berry. Usia keemasan memang harus membiasakan diri untuk mengkonsumsi buah-buahan. Seperti buah jenis ini yang mampu melindungi kulit Anda dari radikal bebas yang bisa merusak sel kulit. Buah ini cocok untuk Anda yang aktif berkegiatan di lingkungan luar.