Kram pada Kaki Ibu Hamil Bisa Dihindari Lho

22 August 2013 | 08:51

Kram pada kaki biasa dialami oleh Ibu hamil. Kram pada kaki terjadi ketika otot berkontraksi sehingga menimbulkan rasa sakit. Kram kaki ini biasanya terjadi di area telapak kaki, betis maupun keduanya. Ibu hamil yang mengalami kram kaki biasanya yang memasuki trimester kedua dan ketiga. Selain itu, kram kaki ini biasanya terjadi pada malam hari. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kram kaki:

Kram pada kaki

  • Regangkan otot betis. Dengan meregangkan otot betis atau kaki, Anda bisa mengurangi resiko terjadinya kram kaki pada saat hamil. Caranya adalah dengan berdiri dan tempelkan tangan pada tembok yang ada di depan Anda, kemudian pindahkan kaki kanan di belakang kaki kiri. Selanjutnya tekuk kaki kiri ke depan secara perlahan dengan lutut kanan tetap lurus dan tumit sebelah kanan di letakkan pada lantai. Latihan peregangan ini bisa Anda lakukan setiap hari dan ditahan sampai 30 detik. Posisi pinggul sedikit maju dengan punggung tetap lurus. Ulangi gerakan peregangan ini dengan menukar dengan kaki yang satunya.
  • Tetap aktif. Kram pada kaki juga bisa dihindari dan dihilangkan dengan berolahraga secara rutin. Tetapi ingat, sebelum Anda melakukan olahraga sebaiknya meminta persetujuan dari dokter Anda.
  • Minum suplemen yang mempunyai kandungan magnesium. Sebagai tambahan, selain mengkonsumsi suplemen dengan kandungan vitamin dan magnesium, Anda juga perlu mengkonsumsi makanan yang kaya akan magnesium, seperti buah kering, kacang-kacangan dan gandum.
  • Minum air putih yang banyak. Cirri Anda membutuhkan banyak minum air putih adalah jika urin Anda berwarna kuning pekat. Jadi, perhatikan asupan air putih Anda selama hamil.
  • Pilihlah alas kaki yang tepat. Kram pada kaki juga bisa disebabkan oleh salah pemilihan alas kaki. Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa alas kaki Anda mampu menunjang pergerakan kaki Anda dengan baik.

Jika Anda masih mengalami kram kaki, Anda bisa mengurangi rasa nyerinya dengan cara memijat atau mengkompres kaki yang kram dengan es. Kemudian jalan secara perlahan dan jinjit perlahan. Cara sederhana ini akan membantu Anda untuk terbebas dari kram kaki yang biasanya membuat Ibu hamil merasa tidak nyaman dengan tubuhnya. Untuk membantu mengurangi kram kaki ini, Anda bisa meminta bantuan sang suami untuk memijit Anda atau meminta dukungan untuk melakukan saran tersebut di atas. Sehingga perasaan Anda akan lebih nyaman dan rileks karena mendapatkan dukungan dari orang terdekat. Selamat mencoba, bunda.