Kudapan di Kantor juga Harus Bernutrisi

16 January 2013 | 09:54

Kudapan kantor tidak hanya harus yang enak dan membuat Anda betah duduk berlama-lama di kantor, tetapi juga harus bernutrisi. Kudapan kantor seharusnya bisa memberikan asupan gizi yang cukup pada tubuh. Karena tahukah Anda bahwa sebenarnya terlalu lama duduk di kantor bisa membuat berat badan meningkat? Mengapa hal ini bisa terjadi? Yaitu karena berhubungan dengan perilaku pasif Anda. Walaupun Anda berpikir mengerjakan banyak tugas sudah merupakan aktivitas yang menguras energy, tetapi ternyata hal tersebut bisa dikatakan aktivtas pasif karena Anda tidak membutuhkan banyak bergerak untuk mengerjakannya. Nah kondisi inilah yang kemudian membuat tubuh membuat gula darah menjadi tinggi dan memproduksi hormone kortisol (hormon yang menyebabkan stres). Dan hal ini kemudian membuat tubuh merasa ingin mengasup lebih banyak kalori untuk menstabilkannya. Akibatnya, Anda terus menerus merasa lapar yang menjadikan stress, kalori berlebih dan timbunan lemak di perut meningkat.

Kudapan kantor

Hal ini akan berbahaya jika tidak disiasati dengan benar. Anda bisa menyiasatinya dengan memperbanyak gerak ketika bekerja dan juga dengan cara lain. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyediakan cemilan sehat di kantor. Apa saja cemilan sehat yang Anda butuhkan?

  • Konsumsi kacang-kacangan. Kudapan kantor haruslah mencukupi kebutuhan nutrisi seperti magnesium, protein, asam lemak tak jenuh dan vitamin B yang baik untuk tubuh. Dan semua kandungan nutrisi ini ada di dalam kacang-kacangan. Berbagai mineral penting ini bisa Anda dapatkan di dalam kacang mede, almond, biji Bunga matahari, biji labu, dan lain sebagainya. Jadi manfaat mineral dan vitamin yang ada di dalam kacang-kacangan ini adalah untuk menurunkan kortisol dan kadar gula darah. Selain itu, kacang-kacangan ini juga bisa meningkatkan energy Anda ketika bekerja. Anda bisa mencampurkan kacang-kacangan ini dengan sereal. Walaupun kacang mengandung kalori yang tinggi, tetapi Anda tak perlu kuatir selama Anda mengkonsumsinya maksimal 1 ons.
  • Telur saat sarapan atau makan siang. Mengapa harus telur? Karena telur mempunyai kandungan asam amino yang penting bagi tubuh dan juga merupakan sumber protein yang paling tinggi. Selain itu, telur juga merupakan bahan pangan yang paling efektif untuk meningkatkan kadar nitrogen di dalam otot. Karena otot lebih kuat, maka proses pembakaran kalori juga akan lebih tinggi bahkan ketika tubuh sedang beristirahat. Jika Anda sedang emncoba untuk menurunkan kadar gula darah dan kortisol yang tinggi, maka Anda juga bisa mengkonsumsi telur sebagai solusi terbaik. Mengkonsumsi telur ketika sarapan dan makan siang bisa mencegah lonjakan gula darah, lemak dan juga akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

The colong. Kudapan kantor yang satu ini memang berguna untuk menyeimbangkan kortisol dan gula darah. Selain itu, teh ini juga bisa mengeluarkan lemak yang tersimpan akibat adanya gerak pasif di kantor. Anda bisa mengkonsumsi 1-3 cangkir tanpa gula.