Kursi Makan Bayi itu Bukan Sekedar Pemanis

17 January 2013 | 09:47

Kursi makan bayi adalah salah satu perlengkapan bayi yang – walaupun tidak wajib untuk dimiliki – memberikan fungsi tertentu pada sang bayi dan juga orang tua. Kursi makan bayi akan sangat berguna ketika bayi sudah mulai memasuki usia 6 bulan dimana sang bayi tersebut sudah mulai diperkenalkan dengan MPASI (Makanan Pendamping ASI). Nah, untuk pemilihan MPASI juga harus tepat agar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sang bayi untuk mencerna makanan tersebut. Selain pemilihan makanan, Anda juga harus memilih berbagai perlengkapan untuk membantu sang buah hati menjalani tahap ini dengan lebih mudah dan menyenangkan, salah satunya adalah kursi makan. High chair ini memang relative lebih mahal, itulah mengapa tidak semua orang tua membeli perlengkapan ini untuk buah hati mereka. Lalu apa sih manfaat high chair ini? dan kenapa kita harus membelinya?

Kursi makan bayi

  • Bisa membuat bayi lebih aman. Karena dengan duduk di kursi makan, maka bayi Anda akan lebih aman dan bebas untuk mengasah keterampilan makannya. Karena ia bisa duduk dengan tegak dan baik. Selain itu, piring dan makanan yang tersedia tepat di depan dadanya bisa membuat buah hati Anda lebih mampu untuk belajar menjimpit atau menyendok makanannya sendiri. Jadi, dia akan lebih leluasa dalam mengamati berbagai tekstur dan bentuk yang ada di depannya. Selain itu, cara ini juga akan membuat buah hati Anda belajar mandiri karena memegang makannya sendiri.
  • Orang tua bisa mengajarkan tata cara makan yang baik dengan lebih mudah. Kursi makan bayi akan membuat sang buah hati lebih tenang. Dengan begitu, Anda dan pasangan sebagai orang tuaa akan lebih mudah mengajarkan tata cara makan yang tepat pada sang buah hati. Misalnya ketika sang buah hati tangannya sedang memegang sendok dengan tangan kiri, maka Anda bisa mengoreksinya dengan halus. Anda bisa mengatakan dengan halus “Adek, makannya pakai tangan kanan ya” sambil memindahkan sendok dari tangan kiri ke tangan kanan. Cara ini akan lebih mudah dipraktikkan karena dengan high chair ini, sang anak akan berhadapan langsung dengan orang tuanya. Sehingga dia bisa mencontoh atau meniru gerakan atau instruksi Anda secara langsung. Hal ini juga akan menjadi interaksi yang menyenangkan antara Anda dan sang buah hati.
  • Lebih mudah membersihkan peralatan setelah makan. Kursi makan bayi ini secara otomatis akan membuat Anda atau baby sitter untuk membersihkan sisa makanan yang ada di meja dan di kursi makan buah hati Anda. Selain itu juga akan lebih mudah untuk membersihkan sisa makanan yang ada di pinggiran mulut bayi.

Bagaimana, Bunda, walaupun harganya memang relatif mahal, tetapi manfaatnya juga bisa sangat membantu perkembangan buah hati Anda kan? Tidak ada salahnya untuk merogoh dompet lebih dalam untuk memberikan yang terbaik untuk buah hati Anda.