Lakukan Langkah ini Agar Cepat Hamil

11 October 2012 | 10:02

Hamil merupakan harapan semua pasangan menikah. Tanda-tanbda hamil yang tak kunjung datang terkadang membuat pasangan suami-istri sedikit khawatir. Ketika Anda dan suami sudah melakukan pemeriksaan kesehatan dan ternyata Anda berdua dinyatakan sehat. Dan Anda pun sudah menjalani program kehamilan dan diberi obat-obatan penyubur. Lalu mengapa masih belum berhasil juga? Sekarang cobalah untuk memperhatikan kesehatan dan gaya hidup Anda. Mungkin ada yang salah di sana atau ada beberapa hal di lingkungan Anda yang belum mendukung keinginan Anda untuk segera hamil. Untuk itulah, coba perhatikan beberapa langkah berikut ini untuk bisa segera hamil:

Hamil

1)  Tingkatkan pemasukan gizi. Misalnya dengan menambah porsi asam folat dan vitamin. Kedua zat ini sangat penting untuk kondisi tubuh dan alat reproduksi karena bisa membantu Anda mencegah cacat pada otak janin, bahkan sebelum Anda hamil. Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa membeli tablet asam folat yang tersedia di apotek.

2)  Cukup makan. Agar cepat hamil, konsumsi vitamin saja tidak cukup. Vitamin memang penting tetapi Anda juga harus makan makanan yang sesungguhnya. Cobalah untuk meningkatkan porsi makan Anda dan pastikan Anda juga mengkonsumsi diet yang bervariasi seolah-olah Anda memang sedang hamil. Cobalah untuk makan lebih banyak makanan organic, khususnya daging. Di dalam menu Anda harus ada sayuran dan buah-buahan. Jika sekarang Anda hanya menyukai dan seringnya makan makanan cepat saji, coba hentikan atau minimal kurangi mulai dari sekarang. Segera ubah pola makan Anda dan posisikan seolah anda sedang hamil.

3)  Berhenti mengkonsumsi kafein dan alcohol. Jika Anda terbiasa meminum kopi untuk meningkatkan konsentrasi saat bekerja, sebaiknya mulai Anda kurangi dari sekarang. Kopi instan mengandung kafein sebanyak 57 mg sedangkan kopi seduh 107,5 mg. Teh juga mengandung kafein walaupun tidak sebanyak kopi. Kadar kafein di dalam teh instan adalah sebanyak 26 mg, teh seduh 47 mg dan the hijau 25 mg. Jika Anda ingin minum kopi, sebaiknya pilih kopi yang nonkafein (decaf) karena kadarnya hanya 2,5 mg (kopi instan) dan 5,6 (kopi seduh).

4)  Minumlah banyak air putih. Karena kecukupan air putih sangat penting pada saat sedang hamil. Pastikan juga bahwa air minum yang Anda konsumsi bebas dari kontaminasi bakteri. Cobalah periksa apakah gallon air minum Anda masih bersih atau sudah diselimuti dengan lumut tipis di bagian dasarnya.

5)  Hindari masakan yang dimasak setengah matang, misalnya sate kambing, steak yang dipanggang medim atau sate ayam. Terlebih makanan seperti sashimi. Sushi aman dimakan jika dimasak dengan ikan yang dimasak matang. Selain itu, Anda juga harus mulai membiasakan diri untuk menyingkirkan makanan yang “panas”, seperti daging kambing dan durian.

6)  Hamil bisa dipermudah dengan memeriksa apakah ada bahan makanan yang “beracun” di dapur Anda. Entah itu dari makanan yang dimasak, minuman atau cara penyimpanan yang kurang aman. Pilihlah perlengkapan dari stainless steel, besi, keramik atau pecah belah karena aman dan sudah menjalani pemeriksaan. Penggunaan plastic justru kurang disarankan.

7)  Ganti kosmetik dan produk perawatan kulit yang mengandung racun dengan bahan yang lebih ramah lingkungan.

8)  Periksalah kebersihan rumah Anda secara keseluruhan. Pastikan Anda menggunakan penyemprot serangga yang aman. Karena ada beberapa bahan kimia pada produk-produk kebersihan yang berpotensi membahayakan janin dalam kandungan.