Latihan Kardio Setiap Hari? Bisaaaaa…

21 March 2013 | 09:47

Latihan kardio yang biasanya kita ketahui hanya bisa dilakukan di gym ternyata bisa kita lakukan setiap hari lho, Ladies. Latihan kardio bisa Anda lakukan dengan bantuan tangga, entah itu di rumah atau di kantor. Bahkan Anda juga bisa menggunakan tubuh Anda sendiri sebagai beban. Jadi, Anda bisa sambil beraktivitas, Anda bisa melatih kebugaran dan kekuatan Anda. Jadi mulai sekarang, jauhkan pandangan Anda dari lift atau eskalator di kantor Anda, saatnya beralih ke tangga untuk kehidupan yang lebih sehat. Di sana Anda bisa melakukan latihan stair climbing atau stair running. Anda bisa naik-turun di satu anak tangga dengan gerakan cepat, bergantian antara kaki kanan dan kiri (step up), maupun menapaki tangga sambil berlari atau berjalan sampai lantai atas.

Latihan kardio

Bahkan di dalam dunia fitness sendiri, lari di tangga sudah menjadi demam selama beberapa tahun terakhir ini. Tidak masalah apakah Anda baru pemula dalam latihan kardio atau sudah sering ke gym, karena dengan melatihnya setiap hari maka Anda akan semakin terbiasa dan tertantang. Dengan latihan ini, Anda bisa meningkatkan kesehatan jantung, membakar lemak dan juga menguatkan otot-otot. Tertarik mempraktikkannya? Ini dia caranya!

  • Cobalah untuk latihan interval. Latihan kardio dengan cara yang satu ini akan membantu meningkatkan kardiovaskular Anda. Cobalah lari dengan jarak pendek secara intens. Cara ini akan membantu memperbaiki kemampuan tubuh untuk mengatasi asam laktat, meningkatkan detak jantung dan juga membantu daya tahan. Mulailah dengan melakukan lari sprint ketika sedang menapaki tangga. Kemudian lakukan break sambil mendaki tanpa berlari. Setelah itu, lanjutkan kembali sambil berlari.
  • Latihlah kekuatan tubuh bagian bawah. Latihan ini akan menguatkan bagian hamstring (otot paha belakang) dan area glute (otot bokong). Ketika Anda sedang menaiki tangga, kedua otot inilah yang paling terasa. Jika Anda belum terbiasa memang akan terasa berat tetapi lama-kelamaan otot Anda akan semakin kuat. Selingi dengan gerakan squat dengan satu kaki atau glutes bridge (berbaring sambil mengangkat bokong) atau deadlifts (mengangkat barbel dengan posisi seperti akan squat atau duduk).
  • Tak perlu menaiki semua anak tangga. Karena Anda juga bisa menapaki satu anak tangga untuk latihan step up seperti di gym. Manfaat yang didapat sama dengan menaiki semua anak tangga lho.
  • Kuatkan otot inti Anda. Ketika Anda sedang menaiki tangga, maka otot yang bekerja keras adalah otot-otot inti seperti perut samping, atas dan bawah. Otot-otot ini bekerja untuk menstabilkan tubuh. Jadi, semakin kuat otot-otot ini, maka semakin cepat Anda mampu menaiki setiap anak tangga.
  • Untuk tambahan beban pemberat, Anda bisa membawa ransel atau ankle weight (pemberat pergelangan kaki) ketika sedang menaiki anak tangga. Jika beban lebih berat, maka detak jantung juga akan meningkat dengan lebih cepat dan kekuatan Anda juga akan meningkat. Sedangkan untuk beban yang lebih ringan akan memperbaiki daya tahan dan membuat Anda berlari lebih cepat.
  • Coba lompati dua atau tiga anak tangga sekaligus. Ini jika Anda ingin latihan lebih intens. Latihan kardio yang lebih intens akan memaksa otot-otot Anda untuk menghasilkan semburan kekuatan, jadi otot Anda juga akan lebih cepat menjadi kuat.