Lawan Morning Stress Agar Harimu Lebih Produktif

16 September 2014 | 09:18

Stres di pagi hari biasanya menyebabkan konsentrasi menghilang, seperti lupa menaruh handphone saat akan berangkat ke kantor. Stres di pagi hari juga bisa dikarenakan mengalami insomnia sehingga Anda menjadi tidak fresh pada keesokan harinya. Stres pad apagi hari biasanya diakibatkan stres pada malam sebelumnya. Dan stres pada malam hari biasanya disebabkan oleh beberapa hal, antara lain insomnia, beban tugas yang menumpuk yang harus diselesaikan, tidak siap menghadapi hari esok, dan lain sebagainya.

Stres di pagi hariStres apapun namanya, dan kapanpun terjadinya, pasti akan mengganggu aktivitas Anda dan mempengaruhi kehidupan di sekitar Anda. tidak jarang banyak yang mengeluh karena kinerja di kantor menurun karena terkena stres yang mengganggu. Walaupun masih dianggap ringan, tetapi stres tetap saja mengganggu dan bisa menghilangkan kesempatan Anda untuk mendapatkan promosi di kantor. Jika memang Anda mulai mengalami gangguan dengan ciri-ciri di atas, mungkin Anda sudah butuh penangkal stres di pagi hari, antara lain:

  • Sebelum tidur malam, atur terlebih dahulu suhu ruangan. Stres di pagi hari bisa dinetralisir dengan tidur malam yang berkualitas. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, Anda harus mengatur suhu kamar, yaitu 18 – 22 derajat celcius. Suhu ini akan membantu tidur lebih nyenyak. Sedangkan kurang atau lebih dari suhu ini akan membuat seseorang lebih gelisah dan sulit tidur.
  • Ciptakan kamar yang warna-warni. Karena ketika Anda bangun dan langsung melihat warna-warna terang, maka adrenalin Anda akan terpacu. Hormon inilah yang Anda butuhkan untuk lebih mudah bangkit dari tempat tidur dan menjadi lebih bersemangat. Jadi jika kamar Anda masih penuh dengan warna netral, mulai sekarang cobalah untuk menambahkan warna terang pada kamar, misalnya memasang sprei dan sarung bantal guling warna hijau toasca, biru laut atau pink.
  • Olahraga lah. Ketika Anda bangun lebih pagi, maka Anda juga sempat melakukan olahraga ringan. Jogging, lari cepat, dan jalan cepat akan membantu meningkatkan produksi endorphine Anda ke otak sehingga Anda akan merasa gembira dan bersemangat. Membangun mood positif seperti ini sangat bagus untuk membantu Anda lebih bersemangat dalam menjalankan aktivitas sepanjang hari.

Mandilah dengan air dingin. Guyuran air juga berperan aktif dalam membangun mood seseorang. Ketika Anda mandi dengan air dingin di pagi hari, maka mood negatif juga ikut hilang dan berganti dengan semangat pagi. Mengapa harus air dingin? karena air dingin bersifat energizing, sebaliknya air hangat bersifat relaxing. Stres di pagi hari juga bisa dihilangkan dan diantisipasi dengan mandi di bawah shower yang memberikan efek pijatan ringan. Cobalah dan dapatkan pikiran yang jernih sepanjang hari.