Lawanlah Rasa Pesimis

17 January 2013 | 09:48

Rasa pesimis atau rasa tidak mampu adalah satu perasaan yang membawa pengaruh di dalam kehidupan seseorang. Rasa pesimis bisa membuat seseorang merasa minder, tidak semangat, dan lain sebagainya. Itulah sebabnya kita harus membuang rasa ini jauh-jauh agar tidak mengganggu aktivitas dan produktivitas kita sehari-hari. Saatnya memulai!

Rasa pesimis

  • Yakin pasti bisa. Ketika melakukan sesuatu atau mengerjakan pekerjaan apapun, jangan dulu mengeluh atau menyerah. Yakinkan diri Anda sendiri bahwa Anda mampu. Karena bagi sebagian besar masyarakat, tekanan malah menjadi pendorong untuk terus melangkah maju dan berkembang. Yang harus Anda lakukan adalah mengatur tingkat stress, mengontrol manajemen waktu dan jangan lupa untuk menghilangkan hambatan yang datang menghadang. Setiap orang pasti mampu melakukan sesuatu dengan baik asalkan ada kemauan. Janganlah menyerah sebelum mencoba. Percayalah pada kemampuan Anda dan belajarlah untuk menyelesaikan semua tugas yang diberikan kepada Anda.
  • Tentukan target Anda. Rasa pesimis akan memudar ketika kita yakin, percaya diri dan mampu memberikan target pada usaha kita sendiri. Ya, untuk menghasilkan hasil yang maksimal memang harus menentukan target yang Anda inginkan. Tetapi ingat, tentukanlah target yang sesuai dengan kemampuan dan terukur agar tidak terkesan muluk-muluk dan mampu direailsasikan. Misalnya target waktu, berapa lama Anda harus menyelesaikan satu tugas ini. target sendiri mempunyai fungsi untuk membuat pekerjaan Anda sedikit mempunyai tekanan dan akhirnya memaksa Anda untuk lebih produktif dan lebih serius dalam melakukan sesuatu.
  • Berikan motivasi pada diri sendiri. Jangan sampai Anda terlena degan zona nyaman yang malah membuat Anda tidak lagi produktif bekerja. Tantangan dan motivasi dalam bekerja akan membuat Anda mampu memicu diri sendiri agar bisa meningkatkan produktivitas Anda. Setelah itu, Anda akan bisa lebih focus untuk mencapai tujuan pribadi dan juga tujuan professional. Carilah inspirasi dari lingkungan sekitar kita.
  • Hindari mencari-cari alas an. Rasa pesimis biasanya muncul karena terlalu banyak alasan yang dibuat. Misalnya ketika harus menyelesaikan satu tugas tetapi malah tertunda karena sedang melakukan renovasi ruangan kantor. Sebenarnya tidak ada alas an untuk mengendurkan semangat bekerja. Karena Anda yang mengontrol diri Anda sendiri, maka kontrollah agar mengahsilkan sesuatu yang berguna dan produktif.
  • Hindari kata “tidak bisa” dari pikiran Anda. Kata “tidak bisa” atau “tidak mampu” sebenarnya adalah salah satu alasan yang sejatinya mempunyai makna “ pekerjaan ini pasti melelahkan” atau “saya tidak mau mengerjakannya”. Dan hal ini akan sangat berpengaruh pada psikologis Anda, yaitu selalu ingin menghindari segala hal yang dianggap tidak sesuai dengan pengharapan Anda. Cobalah untuk optimistis dan lakukan tugas Anda dengan baik. Kalaupun tugas yang diberikan belum Anda kuasai, Anda bisa mempelajarinya dan mendapatkan ilmu dan pengalaman baru.