Losion Malam Hari? Apa Penting?

1 October 2012 | 10:55

Losion malam hari mempunyai funsgi yang berbeda dengan losion yang dipakai pada siang hari. Losion malam hari terkadang membuat masyarakat tidak percaya khasiat yang dibawanya. Karena banyak orang yang masih berpikir bahwa menggunakan losion paling efektif pada saat setelah mandi. Dan dalam sehari, pemakaian losion adalah dua kali setelah mandi. Tetapi ternyata pemakaian lotion setelah mandi 2 kali sehari masih belum cukup untuk memenuhi syarat kulit sehat. Nah, di sinilah losion malam hari mengambil alih manfaat. Losion pada malam hari akan lebih efektif memasukkan nutrsisinya ke dalam kulit.

Losion malam hari

Penggunaan losion pada malam hari disebabkan karena kulit kehilangan kelembabannya pada malam hari, sehingga bisa mengganggi siklus regenerasinya. Maka penggunaan losion di malam hari bisa berfungsi untuk membuat kulit tampak lebih cerah pada keesokan harinya. Nah, ada beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan losion tubuh di malam hari menjelang tidur:

Pertama, untuk regenerasi kulit. Jadi, agar kulit terlihat lebih bersinar, gunakan losion malam hari sepanjang Anda sedang tidur. Karena kulit juga membutuhkan proses regenerasi. Proses regenerasi atau pembaharuan sel ini hanya terjadi pada malam hari, yaitu ketika Anda sedang tidur. Walaupun proses regenerasi ini terjadi sepanjang waktu tetapi proses regenerasi ini akan terjadi lebih banyak 2 kali pada saat malam hari, terlebih pada saat sedang tidur. Tetapi untuk proses regenerasi sel, kulit juga membutuhkan bantuan dari beberapa vitamin dan bahan aktif lain agar lebih efektif. Nah, penggunaan losion sebelum tidur malan juga akan membantu memberikan energy dalam bentuk vitamin dan juga bahan aktif lainnya. Tetapi yang perlu diingat adalah bahwa pemilihan losion untuk malam hari tidak sama dengan losion harian. Saat Anda memilih losion malam, usahakan untuk memilih losion yang mempunyai kandungan asam lemak dan juga vitamin B3 yang lebih tinggi yang berfungsi untuk melembabkan kulit

Losion malam hari juga mempunyai fungsi yang kedua, yaitu untuk menjaga kelembaban. Penggunaan losion di malam hari bisa membantu Anda untuk mengurangi hilangnya uap air yang terlalu banyak. Nah, di malam hari, proses trans epidermal water loss (penguapan) air dari kulit akan meningkat 25 persen dibandingkan pada pagi dan sore hari. Kehilangan uap air di kulit ini akan semakin tinggi terutama di bagian yang terbuka, yaitu yang tidak tertutup baju. Misalnya tangan, kaki dan wajah.

Dengan menggunakan losion pada malam hari, maka Anda juga bisa membantu kulit untuk mengurangi kadar penguapan air dari kulit saat kita tidur. Kehilangan uap air yang terlalu banyak juga akan mengakibatkan kulit menjadi lebih sensitive dan kering. Untuk itulah, ternyata untuk mengurangi kulit kering, Anda tidak hanya membutuhkan losion pada siang hari pada saat berhadapan langsung dengan sinar matahari dan polusi, tetapi juga pada malam hari.

Losion malam hari juga mempunyai manfaat yang ketiga, yaitu mudah menyerap bahan aktif. Karena malam hari merupakan saat yang paling efektif untuk mengaplikasikan berbagai produk kecantikan. Karena saat malam, kulit akan lebih mudah menyerap bahan aktif. Jadi, selain Anda menggunakan krim malam untuk wajah, cobalah untuk menggunakan losion malam sebagai penyeimbang. Lalu lihat hasil yang akan Anda dapatkan pada keesokan harinya. Kulit tentunya akan terasa lebih segar dan kencang. Mau bukti? Coba praktikkan penggunaan losion malammu!