Makanan Pereda Sakit Perut

1 May 2013 | 09:28

Sakit perut atau gangguan perut yang lain seringkali mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Sakit perut bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti perjalanan jauh atau makanan yang tidak higienis. Dan gangguan ini tentu saja membuat Anda tidak nyaman bukan? Dan terkadang obat sakit perut yang Anda beli di apotek atau dari resep dokter tidak langsung menyembuhkan rasa sakitnya. Tapi ternyata ada cara yang mudah dan enak untuk meredakan mual dan sakit perut, yaitu dengan makanan. Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa mengatasi masalah ringan pada perut Anda:

Sakit perut

  • Pisang. Pisang memang sudah dikenal sebagai buah yang aman dan nyaman bagi perut. Karena pisang mengandung potassium yang Anda butuhkan ketika Anda sedang kekurangan cairan karena diare atau muntah. Selain itu, pisang juga mengandung gula yang bisa menjadi penambah energi.
  • Nasi atau makanan berkarbohidrat. Sakit perut bisa diredakan dengan kentang, nasi putih dan gandum. Karena makanan yang mengandung karbohidrat berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan mempunyai efek penenang sakit perut. Di dalam tubuh, makanan yang mengandung karbohidrat ini tidak terpendam dalam jangka waktu yang lama dan juga tidak menyebabkan asam refluks (pengaliran kembali isi lambung ke kerongkongan).
  • Selai apel. Selai apel yang mudah dicerna ini bisa meredakan mual, menambah kalori dan mengobati diare. Selain itu, apel mengandung pektin untuk kulit halus dan serat agar Anda tidak sulit untuk buang air besar.
  • Roti. Roti tidak akan memberikan refluks asam, jadi akan membantu Anda merasa lebih baik. Anda bisa menyajikan roti dengan selai atau mentega untuk mengurangi rasa mual.
  • Sup hangat. Sakit perut juga bisa iredakan dengan sup hangat. Karena sup hangat mengandung garam dan air untuk menambah cairan tubuh. Bahkan sup yang mengandung banyak garam bisa mengambil cairan ketika terserap oleh darah. Tetapi sup dengan kandungan garam tinggi tidak dianjurkan untuk penderita darah tinggi.
  • Biskuit. Biscuit sangat mudah diserap oleh tubuh dan juga mampu mengurangi mual. Bagi perempuan yang sering mengalami sakit di pagi hari disarankan untuk mengkonsumsi biskuit. Akan lebih diutamakan biskuit asin bagi Anda yang tidak mempunyai darah tinggi.
  • Teh herbal. Kandungan chamomile yang ada di dalam teh herbal bisa menyembuhkan radang usus, sakit perut dan juga berfungsi sebagai obat tidur. Tetapi jangan mengkonsumsi teh herbal secara berlebihan karena bisa meningkatkan gejala mulas, terutama pada teh peppermint.
  • Air kelapa. Karena ir kelapa mengandung air yang berisi elektrolit untuk mengendalikan tekanan darah dan gula alami penambah kalori.
  • Jahe. Caranya adalah dengan menyiapkan beberapa irisan jahe dan masukkan ke dalam teh hangat untuk mengurangi rasa mual.