Makanan yang Bisa Menurunkan Produksi Testosteron

6 March 2013 | 09:39

Hormon testosteron merupakan hormon seksual pria yang sangat penting. Hormon testosteron mampu membuat kehidupan seks lebih bergairah dan berjalan lancar. Nah, agar hubungan Anda dan pasangan tetap sehat dan lancar, sebaiknya Anda memastikan bahwa hormon seksual suami Anda tidak rusak. Karena ternyata makanan juga bisa menimbulkan dampak buruk terhadap hormon ini. Hormon ini sangat penting karena menyangkut kebahagiaan pasangan suami-istri. Hormon ini disekresi di dalam testis laki-laki dan indung telur perempuan. Lalu apa saja makanan yang harus dihindari oleh pasangan Anda agar kualitas hormon seksual tersebut tetap terjaga?

Hormon testosteron

  • Protein. Anda harus memastikan bahwa pasangan Anda membatasi konsumsi makanan yang merupakan sumber protein, seperti daging dan telur. Karena protein ini nantinya akan disekresikan melalui urin dan juga akan mengurangi jumlah produksi hormon seksual ini. Jumlah ideal untuk mengkonsumsi sumber protein adalah tidak lebih dari 1 gram protein per 100 gram berat badan. Jadi, ketika Anda menghidangkan menu makanan untuk suami tercinta, perhatikan kandungan proteinnya.
  • Karbohidrat tinggi GI. Hormon testosteron juga bisa rusak karena karbohidrat tinggi GI. Makanan dengan sumber karbohidrat tinggi GI (glycemic index) adalah nasi, yaitu 75. Jika nasi dikonsumsi terlalu banyak akan mengakibatkan kenaikan lipid, peningkatan berat badan dan juga menghambat produksi hormone testosteron.
  • Makanan yang mengandung tinggi gula. Makanan dengan kandungan gula yang tinggi bisa meningkatkan kinerja insulin. Dan dampak yang dihasilkan tentunya negative bagi kesehatan, misalnya resiko diabetes dan berkurangnya hormon testosteron pada laki-laki. Jika Anda menyajikan makanan pada suami, sebaiknya sajikan makanan yang mengandung gula sederhana ini dalam skala kecil dan jangan terlalu sering.
  • Lemak. Makanan berlemak sebaiknya Anda hindari, baik untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk dikonsumsi bersama sang suami. Karena lemak jenuh bisa menurunkan produksi hormone testosterone. Untuk gaya hidup sehat, sebaiknya Anda menyajikan masakan yang diolah dengan cara dikukus, direbus dan dibakar untuk konsumsi sehari-hari.

Hormon testosteron bisa membuat hubungan Anda dan suami semakin dekat dan mesra. Jadi, jangan sekali-kali mencoba untuk menyepelekan hal ini. Makanan-makanan tersebut bisa dihindari jika Anda dan suami mulai membudayakan gaya hidup sehat.