Mandi Malam Ternyata Ada Manfaatnya

23 January 2013 | 09:45

Mandi malam seperti yang kita ketahui bersama dinilai bisa menimbulkan reumatik. Tetapi benarkah begitu? Karena tanpa ada mitos bisa menyebabkan reumatik, seringkali kita setelah pulang kerja juga malas untuk mandi malam. Tidak jarang dari kita yang memilih untuk langsung ganti baju tanpa mandi dan kemudian langsung tidur. Jika Anda sering melakukan kebiasaan itu, sebaiknya mulai sekarang harus Anda kurangi. Karena ada beberapa manfaat dengan mandi pada malam hari, antara lain:

Mandi malam

  • Menyegarkan dan membuat badan dan pikiran menjadi santai. Setelah kita seharian sibuk dengan pekerjaan yang membuat badan dan pikiran lelah, mandi akan membuat tubuh kita lebih segar dan lebih santai. Dan tidur dalam keadaan tubuh segar dan bersih akan membuat tidur lebih nyenyak dan segar.
  • Waktu lebih lama. Mandi malam sangat memungkinkan untuk Anda memanjakan diri. Mandi pada pagi hari tentunya tidak memberikan banyak waktu untuk Anda melakukan perawatan seperti masker rambut atau luluran bukan? Nah jika malam hari, Anda mempunyai waktu yang lebih lama untuk membersihkan tubuh secara lebih detail. Dan hasilnya, tentu tubuh akan menjadi lebih bersih karena Anda akan lebih seksama ketika membersihkan badan.
  • Menurunkan tekanan darah. Ya, mandi pada malam hari bisa ikut berpengaruh pada tekanan darah Anda, terutama jika Anda mandi dengan air hangat. Selain bisa menurunkan tekanan darah, mandi dengan air hangat juga bisa meredakan stress dari rutinitas sehari-hari yang padat.
  • Memulihkan ketegangan otot. Mandi malam bisa meredakan dan mengendurkan otot yang kencang karena seharian beraktivitas. Setelah mandi, maka tubuh yang tadinya tegang akan menjadi lebih ringan dan semua pegal-pegal dan stress yang Anda rasakan sebelumnya akan menghilang.
  • Mandi dengan pikiran tenang. Mandi pad apagi hari biasanya terburu-buru karena dikejar waktu. Nah pada malam hari, Anda bisa santai tanpa memikirkan hal-hal lain yang mengganggu. Hal inilah yang membuat Anda menjadi lebih tenang dan lebih rileks.

Bagaimana, ladies? Tidak sia-sia kan meluangkan waktu untuk mandi setelah pulang kantor? Jika Anda masih percaya dengan mitos bahwa mandi malan bisa menyebabkan penyakit, percayalah bahwa dengan mandi pada malam hari tubuh dan pikiran Anda lebih rileks dan tenang. Sehingga untuk istirahat malam Anda juga lebih maksimal dan bangun di pagi harinya dengan segar dan siap melakukan aktivitas lagi. Jika memang malam hari Anda ada kencan dengan kekasih Anda, maka mandi juga bisa membuat Anda lebih bersemangat dan segar. Dengan begitu, Anda bisa pergi dengan kekasih Anda dengan penuh percaya diri dan merasa cantik.