Manfaat Kulit Mahoni

2 November 2012 | 09:46

Kulit mahoni ternyata mempunyai manfaat yang penting untuk kesehatan. Kulit mahoni bisa Anda manfaatkan untuk menurunkan kolesterol dan juga kadar gula. Berdasarkan penelitian, ekstrasi kulit kayu mahoni dengan air panas sangat potensial untuk bisa menurunkan kadar gula dan juga kolesterol. Hasil riset yang dilakukan telah menemukan bahwa di dalam kulit mahoni mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Bahkan ketinggian kandungan antioksidannya lebih dari kandungan buah pada umumnya. Sangat menakjubkan bukan? Hal ini tentunya akan sangat membantu masyarakat untuk lebih memanfaatkan kulit kayu mahoni sebagai obat herbal untuk menurunkan kadar gula dan kolesterol.

Kulit mahoni

Dari hasil penelitian ini juga diketahui bahwa di dalam kulit kayu mahoni ini terdapa berbagai macam senyawa bioaktif yang mempunyai fungsi sebagai antikolesterol dan antidiabetes. Nah kemudian dalam penelitian ini, kulit mahoni tersebut diekstrasi dengan menggunakan berbagai macam pelarut, antara lain acetone, methanol dan juga air panas. Dari sisnilah kemudian muncul kesimpulan bahwa ekstrasi kulit kayu mahoni dengan air panas merupakan komponen yang paling potensial untuk bisa dijadikan sebagai obat herbal untuk menurunkan kadar kolesterol dan juga gula darah. Hal ini disebabkan karena ekstrak kulit mahoni terbuksi seebesar 50% mampu menghambat radikal bebas.

Kulit mahoni dengan fungsinya untuk menurunkan kadar diabetes ditemukan setelah dilakukan uji coba antara obat diabetes komersial dengan serbuk kulit mahoni. Nah hasil yang didapat adalah perbedaan penurunan kadar gulanya tidak terpaut jauhkarena dengan menggunakan kulit mahoni, terbukti bahwa kadar gula berhasil turun sampai 45%. Sedangkan jika menggunakan obat diabetes komersial, didapat hasil sebesar 48%. Perbedaannya hanya tipis kan? Dari pengujian diketahui pula kulit mahoni mampu menjadi penghambat peningkatan kolesterol. Dr Syamsul sebagai seorang peneliti melakukan penelitian dengan melibatkan mencit. Sejumlah mencit diberinya dosis serbuk kulit mahoni yang dianggap terkecil yang umum digunakan manusia. Serbuk itu diberikan bersamaan dengan pakan yang mengandung kolesterol selama beberapa pekan kepada mencit. Apa yang terjadi? Ternyata tidak terjadi peningkatan terhadap kolesterol mencit.

Penelitian ini juga dimaksudkan untuk memanfaatkan limbah kulit kayu mahoni. Karena berdasarkan data potensi kayu pertukangan dari hutan rakyat di 5 kabupaten di Jawa yakni Sukabumi, Tasikmalaya, Ciamis, Majalengka, dan Kuningan, produksi kayu mahoni pada tahun 2003 mencapai 50.822,07 meter kubik. Jika diperkirakan 10 persen dari jumah tersebut berupa kulit, maka volume kulit kayu mahoni sebagai limbah berjumlah sekitar 5.000 meter.

Kulit mahoni dan penelitian yang mengikutinya diharapkan bisa memberikan informasi tentang pemanfaatan limbah kulit kayu mahoni dan menjadi ekstrak untuk obat herbal untuk menurunkan kadar kolesterol dan diabetes.

Untuk mengembalikan ingatan Anda tentang manfaat pohon mahoni, kita juga bisa melihat bijinya. Biji mahoni juga bisa menjadi obat kencing manis. Cara untuk mendapatkan manfaat biji mahoni ini ternyata juga sangat mudah, yaitu Anda hanya cukup menyeduh biji yang sudah dilembutkan sebanyak setengah sendok teh dengan air panas matang. Air yang digunakan untuk campuran sebanyak setengah gelas. Anda bisa meminum seduhan ini 3 menit sebelum makan. Seduhan ini bisa Anda makan sebanyak 2-3 kali sehari. Selain menjadikannya anak tunggal, Anda juga bisa membuat racikan. Salah satunya berbahan 2 jari kulit batang pulai, 2 jari kulit batang duwet, 1/3 genggam daun sambilata dan 2 jari gula aren. Semua bahan dicuci, dipotong-potong seperlunya, direbus dengan 3 gelas air putih hingga menjadi 2 gelas. Setelah dingin disaring, hasilnya diminum 3 kali sehari. Lakukan cara ini minimal 5 hari berturut-turut.