Manfaat Lain dari Tanaman Herbal

23 October 2012 | 01:46

Tanaman herbal terkenal mempunyai banyak sekali khasiat tetapi tanpa menimbulkan efek samping. Tanaman herbal juga tanaman asli dariIndonesia yang bisa dengan mudah didapatkan di sekitar kita. Nah, jika selama ini yang kita ketahui adalah tanaman jenis ini hanya untuk pengobatan tradisional, maka ada manfaat lain yang bisa Anda manfaatkan dari jenis tanaman khasIndonesia ini. Salah satu manfaat yang belum diketahui oleh banyak orang adalah sebagai pengharum ruangan. Percayakah Anda?

Tanaman herbal

Pengharum ruangan yang Anda dapatkan dari tanaman ini akan membuat suasana rumah Anda terasa lebih nyaman dan tenang. Tetapi tentu saja wangi yang dihasilkan akan berbeda dari pengharum ruangan sintesis yang banyak dijual di pasaran. Karena pengharum ruangan sintetis yang banyak ditemukan di pasaran penuh dengan bahan-bahan kimia yang jika dihirup secara terus-menerus bisa menyebabkan keracunan dan juga alergi. Nah, untuk membuat ruangan rumah Anda tetap wangi dan segar dan tanpa efek samping yang berbahaya, Anda bisa membuat pewangi ruangan dari bunga kering atau dari tanaman herbal. Untuk mengetahui caranya, berikut ulasannya:

Pertama, didihkan tanaman herbal. Anda bisa memilih beberapa macam rempah-rempah yang mempunyai aroma harum, misalnya cengkeh, kayu manis, rosemary atau vanilla. Kemudian pilih rempah-rempah mana saja yang Anda inginkan kemudian rebus dalam pot atau kendi yang terbuat dari tanah liat. Nah, saat rempah-rempah ini direbus, maka akan menghasilkan uap dengan aroma yang spicy dan hangat. Jika Anda ingin mendapatkan aroma yang lebih segar, Anda bisa menambahkan beberapa potong buah lemon atau jeruk.

Kedua, tanamlah! Anda bisa menanam sendiri beberapa jenis tanaman yang mempunyai aroma khas dan harum di pekarangan rumah Anda. Misalnya honeysuckle, melati dan mawar. Tanaman-tanaman tersebut bisa Anda tanam di dalam rumah. Maka ketika tanaman tersebut berbunga, akan menghasilkan wangi yang cukup intens. Tanaman lain yang juga mudah ditanam di dalam ruangan adalah mint dan rosemary tetapi aromanya tidak sekuat bunga-bungaan. Untuk menanam tanaman ini di dalam rumah, Anda juga harus tetap mengindahkan segi estetika. Anda bisa memilih pot yang cantik untuk dimasukkan ke dalam rumah.

Ketiga, potpourri. Tanaman herbal bisa Anda tata dan taruh di dalam mangkuk. Cara ini sangat praktis dan menciptakan pengharum ruangan yang alami. Potpourri sendiri merupakan mangkuk yang sengaja diisi dengan berbagai macam bunga-bungaan dan juga herbal kering. Campuran ini bisa Anda pilih sesuai dengan selera. Tetapi untuk hasil yang maksimal, Anda bisa memilih campuran wewangian dari bunga lavender, mawar, peppermint, chamomile, rosemary dan juga batang kayu manis. Untuk menambahkan wangi segar dan tenang, Anda juga bisa menambahkan kulit jeruk dan leom kering. Tetapi sebelum Anda mencampurnya, pastikan semua bunga dan tanaman yang Anda inginkan sudah dikeringkan sebelumnya. Kemudian Anda bisa menempatkan potpourri buatan Anda di sudut ruangan, meja tamu maupun di tempat-tempat strategis lain di rumah atau di kantor Anda. Dengan begitu, ruangan Anda akan menciptakan aroma alami yang khas.

Keempat, sachet pengharum. Sachet pengharum tidak hanya ditujukan untuk pengharum ruangan yang dibeli di toko-toko karena Anda pun bisa membuatnya sendiri. Anda bisa memanfaatkan kantung kecil dari kain dan kemudian isi dengan bunga kering dan herbal. Untuk menyegarkan ruangan Anda, Anda bisa memilih daun sage, bunga lavender dan spearmint. Untuk meletakkan sachet, Anda bisa meletakkannya di mesin pengering agar cucian Anda lebih wangi. Selain itu, Anda juga bisa meletakkannya di kotak penyimpan barang, laci meja atau lemari, dekat gorden atau di lemari pakaian. Nah, manfaat lain yang bisa Anda dapat dari wangi lavender adalah selain harum, juga bisa mengusir ngengat danhama.

Kelima, bubuk karpet. Bubuk ini akan mengharumkan karpet Anda. Caranya, campurkan enam bagian baking soda, satu bagian tepung maizena dan tiga bagian lavender kering ke dalam toples. Setelah itu, diamkan selama beberapa hari. Cara menggunakannya, taburkan bubuk di atas karpet kemudian diamkan selama satu jam. Lalu bersihkan menggunakan vacuum cleaner.