Manfaat Nyata Kacang Almond

19 April 2013 | 09:01

Manfaat kacang almond mulai dijadikan rujukan oleh sebagian besar masyarakat yang sedang menjalani program diet. Manfaat kacang almond dengan hubungannya dengan program diet memang bukan hanya isapan jempol belaka. Jika dulu banyak yang menghindari kacang yang gurih keras ini karena mengandung banyak lemak dan tinggi kalori, tetapi sekarang makin banyak yang mencarinya. Karena faktanya kacang ini memang bisa membantu seseorang untuk menurunkan berat badan karena kandungan nutrisi, vitamin dan juga lemak sehat yang ada di dalamnya. Berikut ini beberapa kandungan positif yang terdapat di dalam kacang almond, antara lain:

Manfaat kacang almond

  • Kandungannya lebih sehat daripada karbohidrat. Hasil ini juga dikuatkan oleh penelitian yang dilakukan oleh International Journal of Obesity dimana program diet rendah lemak yang disertai dengan konsumsi kacang almond menghasilkan penurunan berat badan yang jauh lebih baik daripada karbohidrat kompleks. Karena orang yang mengkonsumsi kacang almond akan mengalami penurunan berat badan sebesar 18%. Sebaliknya, orang yang hanya mengkonsumsi karbohidrat kompleks mengalami penurunan berat badan sebesar 11%. Jadi, tidak ada salahnya untuk menyertakan kacang almond pada menu diet kita kan, Ladies?
  • Sumber lemak tak jenuh. Almond adalah sumber lemak tak jenuh tunggal. Yaitu lemak yang memang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan gizi yang baik. Fungsi lemak tak jenuh adalah sebagai penurun resiko penyakit jantung, penurun kadar kolesterol jahat dan juga berperan aktif dalam penurunan berat badan. Karena lemak tak jenuh mampu merangsang mekanisme pembakaran lemak yang terjadi di dalam tubuh.
  • Kaya akan nutrisi. Manfaat kacang almond yang berikutnya adalah kandungan nutrisinya yang tidak bisa dibilang sedikit. Karena Anda akan menemukan mangan, protein, kalium, magnesium, vitamin B2 da juga vitamin E di dalam kacang almond ini. Yang berbeda dari kalori di dalam kandungan kacang almond dengan kalori di dalam makanan lain adalah kalori di dalam kacang almond tidak menimbulkan kenaikan berat badan secara cepat. Sehingga sangat ampuh untuk membantu program diet.
  • Penambah energi. Kacang almond merupakan sumber energi yang sangat baik. Kacang almond menyediakan energi untuk tubuh, seperti protein, vitamin B2, tembaga dan mangan. Semua zat ini sangat penting untuk membantu menurunkan berat badan dikarenakan bisa membuat tubuh tetap aktif lebih lama tanpa mengkonsumsi kalori dari sumber makanan berlemak.
  • Penurunan berat badan. Manfaat kacang almond yang satu ini yang memang sangat menarik bagi kita yang sedang menjalankan program diet sehat. Karena kacang almond mempunyai kandungan lemak tak jenuh yang bisa membantu memberikan stimulasi mekanisme pembakaran lemak tubuh.