Masih Menganggur? Lakukan Hal Ini

30 April 2014 | 09:22

Kegiatan positif tentunya mempunyai fungsi untuk membuat mood positif pada diri Anda. Kegiatan positif juga bisa Anda lakukan ketika Anda memutuskan untuk keluar dari pekerjaan. Ketika Anda belum mendapatkan pekerjaan pengganti yang baru, tentunya Anda harus mempunyai kegiatan untuk mengisi kekosongan hari-hari Anda agar lebih positif. Belum mendapatkan pekerjaan bukan berarti Anda harus santai-santai saja tanpa melakukan apapun. Tingkatkan kualitas diri Anda dengan melakukan beberapa kegiatan berikut ini:

Kegiatan positif

  • Jadilah sukarelawan. Bekerja untuk amal atau menjadi sukarelawan ternyata bisa mengembangkan kemampuan Anda dan memberikan pengalaman yang sangat berharga untuk Anda. Kelebihan yang lain adalah Anda bisa menjalin lebih banyak networdking, berkenalan dengan orang baru, dan lain sebagainya. Pengalaman dengan mengikuti kegiatan ini juga bisa Anda tambahkan pada Curriculum Vitae Anda sehingga menjadi nilai plus tersendiri. Untuk bergabung menjadi sukarelawan, Anda bisa bergabung dalam organisasi non-profit yang menjalankan aktivitasnya di bidang pendidikan, lingkungan, kesehatan dan lain sebagainya.
  • Mengembangkan keahlian. Kegiatan positif yang bisa Anda lakukan saat masih menganggur antara lain mengikuti program beasiswa shortcourse ke luar Negeri, kursus bahasa asing, komputer, seminar, dan lain sebagainya.
  • Menjalin networking. Jangan lupakan untuk tetap menjalin networking dengan teman-teman lama entah itu di kantor yang lama, teman sekolah, kuliah atau teman nongkrong. Networking yang semakin luas bisa membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan baru.
  • Bekerja sebagai freelancer. Daripada menganggur dan otak tidak diasah, sebaiknya mencari pekerjaan freelance untuk sementara. Dengan mengikuti kerja freelance, Anda bisa meningkatkan pengetahuan, kemampuan Anda dan penghasilan. Selain itu, dengan menjadi freelancer, Anda juga bisa mempunyai satu lagi pengalaman positif untuk dituliskan di Curriculum Vitae yang akan menjadi nilai tambah bagi Anda. bekerja secara freelance juga akan membuat otak dan tubuh tetap aktif sehingga ketika mendapatkan pekerjaan baru, Anda tidak terlampau malas dan tidak semangat.
  • Buatlah identitas di jejaring sosial. Kegiatan positif yang satu ini akan membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan berdasarkan identitas yang Anda publikasikan secara online. Seperti membuat akun LinkedIn, Jobstreet, dan lain sebagainya. Akun-akun ini biasanya dicari oleh beberapa perusahaan yang sedang mencari profil yang tepat untuk dijadikan karyawan di perusahaan mereka. Jadi ketika Anda menuliskan identitas Anda di jejaring sosial ini, sebaiknya tuliskan secara profesional dan sebenar-benarnya.

Ketika Anda mengalami masa malas melakukan segala sesuatu karena menganggur di rumah, sebaiknya jangan begitu saja mengikuti keinginan untuk mengikuti rasa malas tersebut. Jika Anda hanya menuruti nafsu bermalas-malasan, berarti Anda membiarkan diri Anda tetap tidak produktif dan sulit untuk meningkatkan kualitas diri agar dihargai lebih baik daripada sebelumnya.