Masih Sering Stres? Coba Cara Murah Ini!

22 August 2013 | 09:00

Menghilangkan stres merupakan cara yang paling sering dicari oleh masyarakat. Tingkat stress yang meninggi membuat semua orang menginginkan cara untuk menghilangkan stres dengan mudah, cepat dan murah. Apakah ada cara seperti itu? Ternyata ada! Stres merupakan salah satu musuh utama setiap orang karena sering muncul. Stres seringkali memicu banyak sekali masalah baru yang lebih serius, antara lain hilangnya konsentrasi, masalah kesehatan, pekerjaan terbengkalai, hubungan menjadi tidak sehat, dan lain sebagainya. Jadi, jika stres dibiarkan begitu saja, maka akan menyebabkan berbagai kekacauan dalam hidup seseorang. Berbagai cara sudah disampaikan, tinggal Anda yang memilih cara mana yang Anda inginkan; cara yang murah atau cara yang mahal. Jika Anda sedang stres tetapi tidak mempunyai budget yang tinggi untuk menghilangkannya, coba saja cara yang murah dan menyenangkan:

Menghilangkan stres

  • Berlari selama 3 menit (sprint). Olahraga ini bisa dikatakan ajaib karena bisa membantu pelampiasan emosi dalam sekejap mata. Jadi jika Anda sedang mengalami stress, pusing dan penuh, jangan segan untuk lari sejenak sampai rasanya kehabisan nafas. Setelah itu, rasakan perasaan lega yang akan menjalari Anda karena beban yang mengganjal bisa berkurang.
  • Buatlah jadwal. Menghilangkan stres juga bisa dilakukan dengan cara terjadwal lho. Cara ini bahkan bisa membantu Anda untuk menekan tingkat stress yang menerpa. Jadwal yang Anda buat akan membantu Anda untuk lebih berhati-hati dalam membagi waktu yang Anda miliki. Karena pada umumnya, ketika kita mempunyai jadwal, pekerjaan akan menjadi jauh lebih memungkinkan untuk diselesaikan tepat waktu.
  • Mengkonsumsi telur. Telur mempunyai kandungan asam amino yang mempunyai fungsi untuk menekan stress. Jadi dengan mengkonsumsi telur, Anda bisa memperoleh mandaat dari protein dan asam aminonya. Sudah enak, sehat dan murah lagi kan, ladies?
  • Minum rebusan kulit pisang. Kenapa harus kulit pisang? Karena kulit pisang mempunyai kandungan hormon serotonim yang bertugas untuk memicu perasaan bahagia. Cara membuatnya sangat mudah, yakni dengan merebus kulit pisang selama 15 menit. Kemudian minum seperti meminum teh bunga chamomile. Efek yang akan Anda dapatkan adalah perasaan nyaman dan rileks.
  • Menanam bunga. Menghilangkan stres bisa dilakukan dengan hal sederhana seperti ini. Tak perlu berkecil hati jika Anda tidak mempunyai lahan yang luas karena Anda bisa memanfaatkan pot untuk ditanami. Tanam dan rawatlah bunga setiap hari dan nikmati hasil Anda dengan menikmati keindahannya.
  • Membaca cepat. Percaya atau tidak, mereka yang terbiasa membaca cepat merasa jauh lebh bahagia daripada mereka yang membaca lambat. Karena dengan membaca cepat, otak jauh lebih aktif dan bersemangat.
  • Menyanyi. Menyangi bisa melepaskan energi negative dari dalam tubuh dan memperbaiki mood.
  • Mengkonsumsi madu. Madu juga salah satu minuman yang mengandung hormon serotonin. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan kulit, madu juga bisa menjaga mood Anda.
  • Menarik nafas dalam-dalam. Ketika Anda merasa sedang tidak bersemangat atau tertekan, cobalah tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan. Ulangi beberapa kali sampai Anda merasa rileks.

Membaca info-info yang menyenangkan. Bacaan yang menyenangkan akan memberikan suntikan hiburan pada Anda. Hindari membaca bacaan atau berita berat.