Mau Agar Bahan-Bahan Dapur Lebih Tahan Lama? Ini Dia Tipsnya!

21 May 2013 | 10:02

Menyimpan bahan-bahan dapur tentunya mempunyai keterbatasan, yakni jika tidak disimpan dengan benar akan menimbulkan busuk dan layu, seperti buah, sayuran serta bumbu-bumbu dapur yang lain. Menyimpan bahan-bahan dapur di kulkas pun tidak menjamin bahan-bahan tersebut bisa awet dan tahan lama. Bahkan terkadang penyimpanan di kulkas juga bisa membuat proses pembusukan menjadi lebih cepat. Padahal jika bahan-bahan dikonsumsi secara segar alami akan semakin meningkatkan rasa khas dan lezat masakan atau makanan tersebut bukan? Nah, untuk menyiasatinya, berikut ini cara-cara untuk menyimpan bahan makanan di kulkas agar lebih awet dan tahan lama. Dengan cara ini pula Anda bisa menghemat lebih banyak uang karena bisa mengkonsumsi bahan-bahan dalam waktu yang lebih lama:

Menyimpan bahan-bahan dapur

  • Jangan menyimpan kentang di dekat bawang. Sebaiknya Anda menyimpan kedua bahan ini di tempat yang berjauhan dan berbeda. Untuk bisa mempertahankan keawetannya, Anda bisa menyimpan bawang di tempat yang sejuk dan kering. Cara ini akan membuat bawang awet sampai 2-3 bulan.
  • Bungkuslah daun-daunan dengan plastik. Daun-daunan yang bisa Anda bungkus, antara lain aneka sayuran hijau. Anda bisa mengikatnya seperti buket bunga. Setelah itu bungkuslah dengan plastic dan ikat dengan karet. Cara ini bisa membuat daun-daunan atau sayuran tetap terjada kesegarannya dan lebih tahan lama.
  • Daun bawang disimpan dalam botol plastik. Menyimpan bahan-bahan dapur, khususnya daun bawang terkadang sangat sulit karena selain cepat layu juga bisa membuat rasanya menghilang jika terlalu lama disimpan. Nah untuk menyiasatinya, Anda bisa mengiris daun bawang sesuai selera dan letakkan dalam botol plastik. Sebelum Anda memasukkan irisan daun bawang ini, pastikan daun bawang dalam kondisi kering. Hal ini untuk mencegah terjadinya pembusukan.
  • Simpanlah kentang bersama dengan apel untuk menghindari tumbuh tunas. Karena dengan menyimpan keduanya secara berdekatan, kentang tidak akan tumbuh tunas baru dan kentang akan lebih segar serta siap pakai.
  • Pisahkan apel yang sudah rusak. Apel yang sudah mulai busuk sebaiknya tidak digabung dengan apel yang masih segar. Hal ini karena bisa mempengaruhi kualitas apel yang lain. Apel yang masih dalam kondisi segar dan baik sebaiknya segera dicuci bersih dan disimpan di dalam kulkas atau tempat buah.
  • Manfaatkan butter. Menyimpan bahan-bahan dapur seperti keju agar tidak cepat mengering di dalam kulkas bisa disiasati dengan mengoleskan sedikit butter. Butter di sini berfungsi untuk menjaga rasa dan tekstur alaminya.
  • Bungkuslah pisang di dalam plastik. Pisang memang cepat sekali matang. Tetapi jika Anda menyimpannya dalam plastik, maka ketahanannya akan bertambah sampai 3-5 hari.
  • Bersihkan kulkas. Selain menyiasati cara penyimpanan, Anda juga harus merawat dan menjaga tempat penyimpanannya, yaitu kulkas dan dan dapur. Anda harus secara rutin membersihkan dapur dan kulkas dari sisa-sisa bahan dapur, kotoran dan cairan yang mungkin dihasilkan oleh bahan-bahan dapur Anda. Dengan begitu, kualitas bahan dapur yang Anda simpan tetap terjaga dengan benar.