Membeli Sepeda? Ikuti Tipsnya

9 October 2012 | 09:54

Sepeda selain untuk kesehatan juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Sepeda bisa membuat aktivitas menjadi lebih menyenangkan dan juga bisa membuat tubuh lebih bugar. Manfaat olahraga ini sangat banyak. Sebut saja membakar kalori, mengencangkan tubuh, memperkuat jantung, menghilangkan stress sampai mengecilkan perut. Untuk Anda yang ingin tampil langsing dan seksi tetapi Anda tidak suka dengan olahraga berat atau ke gym, Anda bisa mencoba bersepeda. Karena bersepeda juga bisa membentuk siluet tubuh agar lebih seksi dan indah.

Sepeda

Bila Anda ingin mendaatkan hasil yang maksimal, Anda harus bersepeda secara rutin dan serius. Tetapi Anda juga harus berhati-hati dalam memilih sepeda. Sekarang ini banyak sekali jenis sepeda yang bisa Anda jumpai di luaran sana. Setiap acara car free day ada banyak sekali anak-anak sampai orang dewasa bersepeda dengan jenis dan macam yang berbeda-beda. Lantas, Anda harus memilih sepeda yang seperti apa dan jenisnya yang bagaimana? Anda tidak usah bingung untuk memilih sepeda yang cocok untuk Anda, berikut tips untuk Anda.

Sepeda bisa dipilih dengan cara yang pertama, yaitu tujuan. Tujuan Anda bersepeda adalah untuk mengayuhnya bukan? Nah sebelum Anda berpikir tentang warna, ukuran dan kisaran harga, tanyakan terlebih dahulu kemana Anda akan mengendarai sepeda. Karena ada sepeda yang khusus didesain untuk pengendara perempuan. Misalnya Anda yang ingin menggunakan sepeda di alam harus memilih sepeda yang berbeda dari mereka yang ingin bersepeda di perkotaan maupun sepeda yang ditujukan untuk ajang balapan. Nah, dengan mengetahui tujuan Anda sendiri, Anda bisa mendapatkan sepeda yang pas dan cocok untuk Anda.

Yang kedua, mengetahui ukuran yang pas. Karena sepeda dijual dengan berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang. Jika Anda membeli sepeda, usahakan untuk bertanya pada sang penjaga toko untuk menemukan ukuran sepeda yang cocok dan nyaman untuk Anda. Jika Anda ingin membeli sepeda bekas atau secara online, sebaiknya pastikan dulu Anda membeli sepeda yang modelnya memang didesain untuk perempuan. Karena biasanya, tubuh perempuan akan lebih nyaman dengan sepeda yang khusus didesain untuk tubuh perempuan. Bentuk sepeda untuk perempuan biasanya lebih kecil, torso lebih pendek dan inseams yang panjang. Anda tentu saja bisa mengubah tinggi kursi dan posisi stang agar lebih pas dengan Anda.

Sepeda juga bisa dipilih dengan cara yang ketiga, yaitu dengan menyisihkan anggaran untuk aksesoris. Jadi, berapapun anggaran yang Anda siapkan untuk membeli sebuah sepeda, sebaiknya Anda juga menyisihkannya untuk membeli aksesoris, misalnya helm. Walaupun Anda sudah mempunyai helm, jika sudah terlihat rusak atau kurang nyaman, Anda bisa membeli helm yang baru. Karena setelah tiga tahun, busa helm bisa mongering dan rusak. Perlengkapan lain yang harus Anda beli segera setelah membeli sepeda baru adalah celana bersepeda dengan padding. Celana ini sangat penting untuk kenyamanan dan keamanan Anda. Selain itu, bel dan perlengkapan dasar juga bisa Anda beli untuk memperbaiki yang berisi tabung cadangan dan juga perangkat yang diperlukan untuk mengganti ban.

Keempat, pemeliharaan dasar. Tanyakan pada toko sepeda, kapan waktu yang tepat untuk service sepeda Anda. Karena sebagian besar toko sepeda juga memberikan tune up atau layanan diskon untuk tahun pertama. Nah, manfaatkan baik-baik.