Mencuci Wajah Juga Bisa Menyebabkan jerawat

24 April 2014 | 09:49

Mencuci wajah memang harusnya menjadi rutinitas wajib kita untuk membersihkan wajah dari kotoran. Tapi bagaimana jika mencuci wajah dengan cara yang salah bisa memunculkan jerawat atau memperparah jerawat. Membersihkan wajah juga ada teknik tertentu agar bisa membersihkan kotoran dan minyak secara maksimal. Tidak sedikit yang menyepelekan teknik membersihkan wajah karena masih beranggapan bahwa membersihkan wajah sama saja dan tak perlu teknik apapun. Padahal jika kita mengetahui cara yang tepat, kulit akan terasa lebih bersih dan kesat, bersih dan bebas jerawat.

Mencuci wajahIni dia kesalahan yang sebaiknya kita hindari ketika memberihkan wajah:

  • Tangan masih kotor. Aturan penting yang pertama adalah harus membersihkan tangan sebelum mulai membersihkan wajah. Jika tidak, maka hasilnya akan percuma dan tidak maksimal. Karena kondisi tangan yang kotor dengan bakteri, minyak dan kotoran akan berpindah ke wajah Anda yang akhirnya jerawatpun muncul atau tambah parah. Jadi mulai sekarang, bersihkan tangan Anda dulu sebelum membersihkan wajah.
  • Memakai pembersih wajah yang salah. Mencuci wajah dengan jenis sabun pembersih wajah yang tidak sesuai dengan jenis kulit bisa berakibat fatal lho. Itulah kenapa diciptakan beragam jenis sabun pembersih dengan masalah dan jenis kulit yang berbeda. Untuk kulit berminyak, sebaiknya pilih pembersih yang mengandung busa atau gel. Untuk jenis kulit kering bisa memilih pembersih yang mengandung krim. Jadi, kenali jenis kulit Anda sebelum memilih jenis pembersih wajah. Perhatikan reaksi yang muncul setelah pemakaian. Jika terjadi alergi atau terasa kering dan kurang bersih, Anda bisa mencoba produk lain.
  • Kesalahan dalam eksfoliasi. Pengelupasan kulit atau eksfoliasi ini merupakan salah satu bagian penting dalam perawatan kulit. Tetapi Anda juga harus berhati-hati jangan sampai terlalu sering maupun terlalu jarang. Jika Anda terlalu sering mengeksfoliasi kulit, dampaknya kulit menjadi teriritasi dan mudah kering. Sebaliknya, jika terlalu jarang mengeksfoliasi, kulit bisa jadi sangat kotor dan kasar karena sudah banyak menumpuk sel-sel kulit mati di wajah. Waktu yang ieal untuk melakukan eksfoliasi adalah sekali atau dua kali dalam sebulan dan dilakukan pada malam hari karena pada malam hari kulit menghasilkan sel kulit yang baru.
  • Terlalu sering mencuci wajah. Mencuci wajah terlalu sering bisa merusak wajah, membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Bahkan khusus untuk jenis kulit berminyak, terlalu sering mencuci wajah bisa merangsang lebih banyak produksi minyak. Idealnya, bersihkan wajah 2 kali dalam sehari atau lebih jika dalam kondisi tertentu, misal habis berolahraga, bepergian, dan sebagainya.
  • Kurang bersih membilas. Karena ketika Anda membiarkan sabun tertinggal di kulit bisa membuat kulit iritasi dan kering. Walaupun Anda sedang terburu-buru, sebaiknya tetap perhatikan kebersihan wajah Anda. Khususnya jika Anda menggunakan riasan, sebaiknya pastikan sisa riasan dan sisa sabun benar-benar bersih.

Pilih air dingin atau panas? Suhu air dingin bisa menutup pori-pori sedangkan air panas/ hangat bisa membuka pori-pori. Nah untuk membersihkan wajah sebaiknya menggunakan air hangat agar lebih bersih maksimal. Air yang terlalu dingin bisa merusak pembuluh kapiler di wajah sedangkan air yang terlalu panas bisa membuat kulit kering.