Menentukan Personal Style

7 September 2012 | 10:08

Personal style adalah representasi dari kepribadian Anda. Personal style bukan hanya menunjukkan seni berpenampilan tetapi juga merupakan cerminan dari ekspresi diri Anda. Anda tidak seharusnya dengan mudah mengikuti apa yang menjadi trend saja tetapi juga harus menaklukkan fashion tersebut untuk menunjukkan siapa kita. Hal ini sesuai dengan yang dikatakan oleh seorang penulis ternama asal Inggris, Henry Fielding yang menyebutkan bahwa “Fashion is the science of appearance and it inspires one with the desire to seem rather than to be”. Berikut ini kita berikan gambaran personal style yang dimiliki oleh tiga perempuan dengan karakter dan pekerjaan yang berbeda.

Personal style

Perempuan pertama adalah seorang entrepreneur. Seorang entrepreneur harus mampu menunjukkan citra dirinya sebagai seorang wanita yang tangguh yang mempunyai tanggung jawab terhadap perusahaan yang ditanganinya. Seorang perempuan yang berprofesi sebagai seorang entrepreneur harus mempunyai kepercayaan diri yang tinggi. Anda bisa mengenakan atasan blazer dan celana panjang berwarna maroon untuk menunjukkan kepercayaan diri yang tinggi serta aktif. Sekalipun ada kalanya Anda tampil tanpa makeup, Anda harus berusaha untuk tetap membuat wajah Anda terlihat segar dan menawan. Untuk menutupi tampilan polos, Anda bisa menggunakan kacamata hitam berukuran besar. Lakukan perawatan wajah dan tubuh secara rutin untuk mengeluarkan aura yang ada di dalam diri Anda.

Personal style seorang entrepreneur bisa jadi simple tetapi tetap harus well tailored. Untuk pemilihan warna, cukup pilih warna-warna yang simple dan warna solid, well fit. Karena seorang entrepreneur mempunyai tingkat mobilitas yang tinggi, maka harus memilih pakaian yang nyaman dipakai. Karena aktivitas yang padat, atasan blazer dan chic dress bisa menjadi pilihan tepat. Simple, sophisticated dan dinamis sangat cocok untuk jiwa entrepreneur. Untuk tas, Anda bisa memilih tas yang berukuran besar dengan kantung-kantung pendukung yang memungkinkan untuk memasukkan dokumen agar tidak menghalangi aktivitas Anda.

Seorang mahasiswi juga mempunyai personal style tersendiri. Karena harus menunjukkan aktivitasnya yang cukup padat tetapi harus terlihat semangat muda, seorang mahasiswi bisa memilih blus dan celana jeans. Gaya mahasiswi yang biasanya disukai oleh kebanyakan perempuan seusia itu adalah feminine glam tanpa mengesampingkan faktor kenyamanan. Untuk urusan sepatu, Anda bisa memilih flat shoes atau high heels sesuai dengan baju yang Anda kenakan dan tingkat mobilitas yang akan Anda jalani. Anda juga bsia memilih beragam aksesoris kalung dan cincin yang bisa dipadu-padankan dengan baju dan sepatu. Untuk mahasiswi yang sedang melakukan magang, juga bisa memilih terusan klasik agar terlihat lebih feminine dan mature. Jangan hanya terpaku pada trend, pilihlah pakaian yang timeless agar bisa dipakai kapanpun dan lebih mudah menyesuaikannya dengan tas dan aksesoris.

Personal style yang ketiga adalah pramugari. Anda pasti mengetahui bahwa seorang pramugari selalu dituntut untuk selalu tampil cantik dan “siap”. Pekerjaan yang sering membawa seorang perempuan travelling ini tentu saja lebih mudah untuk mengupdate trend yang sedang berlaku di beberapa Negara. Mereka akan lebih mudah dan lebih sering shopping keliling dunia. Seorang pramugari harus mampu memilih tipe fashion sesuai dengan momen. Androgini style menjadi pilihan bagi banyak pramugari. Untuk lebih memudahkan Anda dalam mix and match busana, Anda bisa memilih pakaian two pieces. Warna dan motif bisa Anda sesuaikan dengan karakteristik Anda.