Mengapa Harus Berolahraga?

7 May 2013 | 09:32

Alasan olahraga pastinya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Alasan olahraga yang sangat positif ini sayangnya masih belum begitu diindahkan oleh masyarakat kita, masyarakat masih cenderung malas untuk melakukan aktivitas ini. Padahal seiring dengan kemajuan jaman, gaya hidup juga berubah. Gaya hidup menjadi serba instan karena masyarakat semakin gemar mengkonsumsi makanan cepat saji yang tidak baik untuk kesehatan. Lebih lanjut, mereka masih malas untuk menyeimbangkannya dengan olahraga secara teratur. Jika Anda salah satu yang masih malas berolahraga, ini dia alasan sehat hidup dengan olahraga secara teratur untuk mendorong Anda:

Alasan olahraga

  • Mampu membuat mental dan pikiran lebih jernih. Ketika pikiran sedang stress dan pusing serta ditambah dengan pekerjaan yang menumpuk, Anda biasanya malah mengorbankan waktu olahraga Anda. Padahal dengan melakukan olahraga kardio bisa membantu Anda untuk melepaskan hormone endorphin, yaitu senyawa kimia yang berfungsi untuk merangsang munculnya suasana lebih bahagia. Ketika seseorang sedang berolahraga, dia akan merasa lebih termotivasi dan bernergi untuk kembali beraktivitas. Karena olahraga bisa meredakan kecemasan, menghindari depresi dan mengurangi terbentuknya hormon kortisol yang bisa merangsang terjadinya stress.
  • Bentuk meditasi. Alasan olahraga yang kedua ini sangat cocok untuk Anda yang sedang mengalami perasaan dan mental yang sedang bergejolak. Karena dengan berolahraga, Anda bisa merasa lebih tenang dan optimis. Hal ini terjadi karena ketika Anda berkonsentrasi untuk melakukan suatu gerakan, maka pikiran Anda pun akan teralih dari pikiran negatif yang disebabkan oleh masalah-masalah yang terjadi pada Anda. Inilah yang dimaksud dengan fungsi meditasi. Jadi Anda fokus pada satu hal untuk melepaskan ketegangan serta bisa meningkatkan energi. Untuk mendapatkan manfaat meditasi yang lebih menyeluruh, Anda bisa mengikuti kelas yoga untuk meningkatkan fleksibilitas, sirkulasi, koordinasi, mengurangi stress serta membentuk postur tubuh. Yoga terkenal karena menggabungkan teknik pernafasan dengan melatih ketenangan.
  • Membantu Anda tidur lebih nyenyak. Alasan olahraga yang berikutnya adalah bisa membuat Anda lebih tenang sehingga Anda pun bisa berisitirahat lebih nyaman dan tenang. Jadi dengan beolahraga, Anda juga bisa terhindar dari resiko penyakit berbahaya yang disebabkan oleh kurang tidur, misalnya jantung, diabetes, dan obesitas. Selain itu, dengan olahraga secara teratur, Anda juga bisa terhindar dari ngorok saat tidur.

Setelah mengetahui manfaat nyata yang bisa Anda peroleh dari olahraga, sekarang sebaiknya Anda membuat jadwal untuk berolahraga di sela-sela aktivitas Anda. Anda tidak perlu pergi ke gym hanya untuk melakukan olahraga. Anda bisa melakukannya di rumah maupun di kantor, minimal 30 menit setiap hari. Selamat mencoba.