Meningkatkan Produktivitas Karyawan

4 October 2012 | 10:02

Produktivitas karyawan merupakan salah satu hal yang berpengaruh terhadap keberhasilan sebuah perusahaan. Produktivitas karyawan akan memungkinkan perusahaan untuk lebih sukses dan mendapat untung besar. karena dengan membentuk karyawan dengan tingkat produktivitas yang tinggi, Anda bisa menciptakan karyawan yang handal dan loyal terhadap perusahaan Anda. Budaya kantor memang sudah menjadi hal yang paling disoroti akhir-akhir ini. Mungkin Anda juga merasa bahwa kantor yang nyaman dengan taman yang bagus akan membuat karyawan lebih betah dan nyaman berada di sana dan melakukan kegiatan serta tugas-tugasnya.

Produktivitas karyawan

Tetapi bagaimana jika Anda belum mampu memberikan fasilitas seperti itu untuk karyawan Anda? Mungkin Anda masih belum mempunyai anggaran yang cukup untuk melakukan desain ulang struktur lengkap bangunan kantornya. Anda tidak perlu kuatir karena ada jalan lain yang bisa Anda tempuh untuk membuat karyawan Anda bahagia. Jalan yang tidak akan membuat anggaran kantor membengkak. Karena intinya adalah membuat mereka bahagia agar suasana hatinya terangkat dan produktivitasnya pun meningkat.

Pertama, produktivitas karyawan bisa ditingkatkan dengan menyediakan perlengkapan teknis yang baik. Anda bisa menyediakan beberapa perangkat lunak teknis yang baik untuk membantu mereka menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Selain itu, perangkat lunak teknis juga akan membuat karyawan lebih berkurang beban kerjanya dan juga membantu menghilangkan stress yang diakibatkan oleh perangkat lunak yang buruk.

Kedua, team building. Sebenarnya membangun tim bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan, ada banyak perusahaan jasa  yang akan bisa mengatur kegiatan membangun tim untuk Anda, terutama jika Anda tinggal dan bekerja di kota besar. Kegiatan bersama-sama dalam sesi team building akan membantu mereka merasa percaya diri dan nyaman di sekitar anggota tim lainnya. Akibatnya, produktivitas meningkat.

Ketiga, produktivitas karyawan ditingkatkan dengan membuat mereka nyaman. Walaupun terdengar klise, tetapi hal kecil ini bisa membuat produktivitas karyawan Anda meningkat lebih tinggi daripada ketika mereka merasa tidak nyaman berada di kantor. Misalnya ketika mereka sering mendapatkan tugas untuk ke luar kota, berikan akomodasi yang layak, misalnya berikan pesawat kelas bisnis dan hotel berbintang yang nyaman. Suasana kantor juga sebisa mungkin diatur senyaman mungkin.

Keempat, ucapkan terima kasih. Terima kasih merupakan sebuah penghargaan bagi mereka. Dan walaupun terdengar tidak ada gunanya, tetapi ucapan kecil ini mampu menggugah kenyamanan dan perasaan dihargai yang apda akhirnya bisa meningkatkan mood dan produktivitas kerja karyawan. Jangan pernah gengsi untuk mengucapkan terima kasih. Jika mereka bisa mencapai atau melebihi target mereka satu bulan jangan pelit mengirimkan email besar mengatakan terima kasih atas semua kerja keras mereka. Staf Anda akan merasa dihargai – dan itu membuat orang merasa senang.

Kelima, merayakan ulang tahun. Misalnya Anda memberikan anggaran khusus bagi karyawan yang sedang berulang tahun untuk bersenang-senang. Misalnya makan-makan bersama satu kantor di restoran enak di kota Anda. Atau Anda bisa menyediakan kue ulang tahun dan menaruhnya di meja kerjanya. Hal ini tentunya menjadi hal yang sangat menyentuh dan membuatnya nyaman berada di kantor Anda.

Keenam, berinvestasi pada mereka. Usaha terbaik adalah dengan berinvestasi pada karyawan Anda. Kirim mereka ke seminar, kursus yang mengembangkan keahlian yang dibutuhkan. Berikan les pelatihan ahli, biarkan mereka mencoba sebuah proyek baru atau ide. Sekali lagi ini adalah dilakukan agar anggota staf merasa dihargai dan merasa seperti bagian istimewa dari bisnis Anda.