Menjelang Wawancara Kerja Malah Jatuh Sakit?

17 January 2013 | 09:51

Wawancara kerja adalah satu langkah penting untuk bisa mendapatkan pekerjaan idaman. Lalu bagaimana caranya menghadapi wawancara kerja ketika kita malah terserang penyakit? Hal ini pastinya akan membuat keadaan semakin sulit. Lalu bagaimana? Apa harus membatalkan wawancara dari perusahaan yang berprospek itu atau tetap datang walaupun dalam kondisi yang tidak fit? Jika Anda merasa bisa melakukan wawancara, silakan lanjutkan. Terutama jika jadwal wawancara ini sudah lama ditetapkan dan yang mengambil keputusan selalu pergi ke luar kota dan luar negeri. Maka Anda tidak boleh menyia-nyiakan wawancara kali ini.

Wawancara kerja

Tetapi, batalkan saja wawancara hari itu jika kondisi tubuh Anda memang sangat parah. Kenapa? Karena jika Anda tidak bisa tampil dengan kondisi terbaik, maka sebaiknya jangan muncul ke ruang interview. Terutama jika sakit yang Anda alami tergolong berat atau menular, misalnya bersin-bersin, batuk berat, hidung berair, penyakit kulit dan lain sebagainya. Karena jika kita nekat datang dalam kondisi seperti ini bisa membuat calon atasan Anda menjadi kuatir dan sulit untuk berkonsentrasi karena takut tertular penyakit Anda.

Wawancara kerja akan menentukan apakah nantinya Anda layak untuk menempati posisi yang Anda idamkan atau tidak. Jadi, jika Anda merasa tidak bisa berpikir dengan jernih, sebaiknya Anda juga membatalkan schedule wawancara. Tanyakan pada diri sendiri sebelum Anda berangkat untuk wawancara “apakah Anda bisa berpikir dengan jernih hari ini? setidaknya 80% dari biasanya?”. Jika Anda memang merasa belum sanggup untuk duduk dan berpikir secara jernih dan tenang selama wawancara, sebaiknya tidak usah pergi. Telponlah perusahaan tersebut dan katakana bahwa Anda sedang sakit dan tidak mau mengambil resiko menularkan penyakit. Jika memang perusahaan tersebut masih belum mendapatkan sosok yang tepat untuk menempati posisi tersebut, maka pastinya akan ada kesempatan lagi untuk re-schedule wawancara untuk Anda.

Wawancara kerja yang dipaksakan padahal badan masih tidak fit akan menghasilkan sesuatu secara maksimal dan positif. Karena pada saat wawancara, seseorang harus menunjukkan sisi dirinya yang paling baik, bukan sebaliknya. Jangan takut terdengar tidak bertanggung jawab karena membatalkan jadwal wawancara. Karena sebenarnya ketika Anda memberikan alas an tidak ingin menularkan penyakit ke orang lain, itu adalah sebuah bentuk tanggung jawab. Jadi, jika tidak yakin dengan kesehatan sendiri sebaiknya tidak memaksakan kehendak untuk pergi ke wawancara.

Jika memang di musim penghujan ada banyak penyakit yang muncul, Anda bisa membentengi diri dengan konsumsi vitamin seperlunya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan begitu, kinerja dan kesehatan Anda tidak terganggu degan adanya penyakit. Istirahat yang cukup juga merupakan obat yang paling mujarab untuk mendapatkan kesehatan di musim penghujan. So, keep healthy!