Metode Cry It Out untuk Melatih Bayi Tidur Sendiri di Kamarnya

7 November 2014 | 09:44

Melatih bayi tidur sendiri sebenarnya bisa mulai diterapkan saat bayi Anda masih kecil. Melatih bayi tidur sendiri akan melatih kemandirian buah hati Anda sehingga akan membuatnya tidak tergantung pada orang lain. Metode cry it out ini merupakan suatu pendekatan untuk melatih tidur anak dengan membiarkannya menangis dalam jangka waktu tertentu dan biasanya waktunya sangat singkat. Pertama kali metode “menangis sementara waktu” ini diungkap oleh ahli masalah tidur yaitu Richard Ferber dalam bukunya yang berjudul Solve Your Child’s Sleep Problems. Jika ingin mengembangkan kebiasaan anak untuk mendapatkan tidur yang sehat dan berkualitas, Anda bisa mempraktekkan metode yang satu ini.

Melatih bayi tidur sendiriTetapi Anda juga harus ingat bahwa bayi Anda tetap harus mendapatkan apa yang memang menjadi haknya, salah satunya adalah quality time bersama Anda. Pun ketika Anda akan memulai metode yang satu ini, maka Anda juga harus memperhatikan kapan waktu yang tepat dan apakah bayi Anda sudah siap (baik fisik maupun emosional). Jika semua syarat wajib ini sudah terpenuhi, maka Anda bisa mencoba beberapa tahapan berikut ini:

  • Ketika bayi Anda sudah terlihat mengantuk, masukkan dia ke dalam keranjang tidurnya (box bayi).
  • Matikan lampu kamar dan tinggalkan bayi Anda sendiri tanpa mengucapkan selamat malam (tetapi tetap harus diawasi). Jika dia menangis, coba biarkan selama beberapa menit saja.
  • Kembalilah ke kamar bayi Anda dan tepuk- tepuk tubuhnya dengan lembut dan yakinkan bahwa dia baik- baik saja. Tapi ingat, Anda harus melakukannya dalam waktu satu atau dua menit saja. Melatih bayi tidur sendiri membutuhkan ketekunan. Anda juga harus yakin pada diri Anda sendiri bahwa bayi Anda akan baik- baik saja dan jagalah agar situasi tetap tenang ketika Anda keluar kamar. Ketika Anda sudah berada di luar kamar dan bayi Anda kembali menangis, biarkan saja. Tahan diri Anda untuk tidak menghampiri dan menepuk- nepuk badannya lagi.
  • Ulangi langkah kedua dan ketiga dengan interval durasi yang tentunya lebih lama dari percobaan pertama kali. Lakukan cara ini beberapa kali sampai bayi Anda benar- benar tertidur.
  • Biasanya bayi akan mulai terbiasa dan bisa tidur sendiri paling tidak pada malam ke-3, ke-4 atau seminggu.

Melatih bayi tidur sendiri dengan metode yang satu ini memang membutuhkan trik agar bayi Anda tetap merasa nyaman, salah satunya adalah dengan waktu interval. Artinya, setiap malam ketika Anda mulai memberlakukan metode yang satu ini maka waktu yang Anda butuhkan untuk meninggalkan bayi Anda juga berbeda. Misalnya sebagai berikut:

  • Pada malam pertama, waktu yang Anda butuhkan adalah 3 menit saja untuk interval pertama. Sedangkan untuk interval kedua adalah 5 menit, dan interval ketiga selama 10 menit.
  • Pada malam kedua, interval pertama 5 menit, kemudian 10 menit dan 12 menit.
  • Pada malam- malam berikutnya, Anda harus menghitung sendiri interval yang lebih panjang daripada malam- malam sebelumnya.