Musuh Utama Kecantikan Wajah

15 April 2013 | 09:37

Kecantikan wajah bisa sirna dan pudar dengan beberapa kebiasaan buruk yang Anda lakukan setiap hari. Kecantikan wajah bisa dijaga dengan menghindari beberapa kebiasaan buruk berikut ini:

Makeup artist applying eyeshadow

  • Tidur dengan makeup. Ketika pulang dengan tubuh lelah memang sepertinya ingin langsung tidur. Tetapi jika make-up masih menempel di wajah Anda, sebaiknya tunda keinginan Anda untuk langsung tidur. Karena wajah yang tertutup make-up ketika tidur kemungkinan akan terjadi iritasi kulit yang akan menyebbakan kulit wajah menjadi kusam ketika bangun tidur pada keesokan harinya.
  • Menggunakan kosmetik kadaluarsa. Kita sebagai kaum perempuan memang gemar mengkoleksi kosmetik. Selain itu, kita juga sangat enggan untuk membuang kosmetik yang masih tampak bagus dan banyak, terutama jika kosmetik tersebut harganya mahal. Sebaiknya mulai sekarang kita tidak boleh tertipu dengan penampilan kosmetik yang terlihat baik-baik saja. Karena mengenakan kosmetik yang sudah kadaluarsa bisa menyebabkan kulit mengalami iritasi parah.
  • Menghilangkan minyak di wajah menggunakan bedak. Kecantikan wajah memang bisa terganggu dengan adanya minyak yang muncul di wajah. Tetapi tunggu dulu, jangan sampai Anda malah menyapukan bedak untuk menutupi minyak tersebut. Karena kebiasaan ini sebenarnya sangat tidak baik. Karena ketika mengoleskan bedak pada wajah yang berminyak, sama saja kita menyumbat kulit kita yang sudah terkena minyak dan kotoran. Dan hasilnya adalah wajah akan lebih mudah berjerawat, iritasi dan muncul komedo. Solusinya, jika Anda ingin menghilangkan minyak di wajah, jangan langsung mengusapkan bedak tetapi usapkan kertas minyak. Karena kertas minyak akan membantu menyerap produksi minyak yang berlebih, bukan menyumbat pori-pori kulit wajah.
  • Terlalu bersemangat ketika menggunakan scrub. Kesehatan kulit memang bisa dijaga dengan menggunakan scrub atau peeling wajah. Tetapi Anda juga harus berhati-hati dan jangan terlalu bersemangat ketika menggunakannya karena bisa melukai permukaan kulit Anda. Kebiasaan menggosok kulit dengan scrub secara berlebihan atau terlalu bersemangat justru akan mengangkat lapisan pelindung kulit dan akan membuat kulit wajah lebih mudah mengalami iritas, berminyak dan jerawat.

Menggunakan kuas atau spons kotor. Kecantikan wajah sangat berpengaruh pada penggunaan kuas atau spons. Sebaiknya spons dan kuas kosmetik Anda cuci secara teratur agar tidak menumpuk banyak kotoran. Karena dipakai setiap hari, maka kuas dan spons selalu berpotensi untuk menyimpan kotoran yang tidak baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Jika Anda tidak menjaga kebersihan kuas atau spons, maka bisa-bisa kotoran yang ada di kuas atau spons berpindah ke wajah Anda. Cara mencucinya adalah dengan merendam kuas dan spons dalam wadah berisi air hangat yang dicampur dengan sabun pembersih wajah. Diamkan selama 10 menit dan usap secara perlahan. Kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan. Anda bisa membersihkan spons dan kuas ini seminggu sekali.