Naik Pesawat Tapi Takut tidak Sehat? Ikuti Resepnya

30 November 2012 | 10:06

Naik pesawat sebenarnya mempunyai efek samping pada tubuh. Beberapa hal yang sering terjadi pada tubuh ketika sedang naik pesawat adalah jet lag dan dehidrasi. Itulah mengapa kita harus bisa menjaga kesehatan saat sedang berada di pesawat. Berikut ini beberapa hal yang harus kita lakukan agar tetap sehat.

Naik pesawat

Pertama, perbanyak minum. Hal ini untuk menghindari dehidrasi. Tubuh membutuhkan banyak air ketika di dalam pesawat. Tetapi sebaiknya Anda menghindari minuman berkafein dan beralkohol, misalnya kopi dan teh karena mempunyai sifat duretik yaitu mengeluarkan cairan tubuh. Dengan begitu, Anda juga bisa dengan lebih mudah mengalami dehidrasi karena cairan tubuh lebih cepat keluar.

Kedua, regangkan kaki Anda. Cobalah untuk berdiri dan berjalan berkeliling, minimal satu jam sekali. Hal ini akan membuat sirkulasi darah di dalam tubuh kembali lancar. Jadi, jangan hanya duduk dan diam saja, terlebih ketika masih berada di bandara dimana Anda mempunyai kesempatan untuk berjalan.

Naik pesawat juga harus melakukan hal yang ketiga, yaitu dengan melindungi kaki Anda. Gunakanlah kaus kaki saat menjalani penerbangan dengan menggunakan pesawat? Kenapa? Karena jika Anda mempunyai penyakit kronis atau obesitas, kaus kaki bisa mencegah terjadinya resiko pembekuan pada kaki. Dengan begitu, kesehatan Anda akan lebih aman.

Keempat, buatlah sirkulasi udara agar tetap lancar. Hal ini untuk mencegah udara terperangkap pada area hidung atau sinus. Caranya adalah dengan melakukan gerakan mengunyah atau menguap. Lalu jika Anda pergi membawa bayi Anda, sebaiknya Anda juga membawa dot karena dot juga bisa menghasilkan efek yang sama.

Kelima, gunakan pakaian yang nyaman. Cobalah untuk mengenakan sepatu dan pakaian yang nyaman dan longgar. Karena hal ini akan membuat Anda merasa lebih nyaman, terutama jika Anda menjalani rute penerbangan yang panjang.

Naik pesawat agar nyaman dan aman juga harus melakukan hal yang keenam, yaitu menggerakkan kaki Anda. Cobalah untuk menggeser dan menggerakkan kaki Anda secara teratur terutama jika Anda sedang duduk. Hal ini penting karena akan memberikan ruang gerak bagi kaki untuk melakukan peregangan. Itulah sebabnya mengapa Anda harus memindahkan semua barang bawaan pada cabinet yang ada di bagian atas kepala Anda.

Ketujuh, bawa serta obat-obatan bersama Anda. Jika Anda mempunyai obat-obatan yang harus Anda konsumsi secara rutin, Anda bisa membawanya bersama Anda, misalnya alat penguji tekanan darah dan insulin jika Anda bermasalah dengan tekanan gula darah.

Kedelapan, hindari mengkonsumsi minuman bersoda. Sebaiknya Anda tidak makan berlebihan atau mengkonsumsi minuman bersoda. Karena hal ini akan menyebabkan perut Anda kembung dan terasa tidak nyaman.

Kesembilan, beritahu kru pesawat tentang alergi yang Anda derita. Jika Anda mempunyai alergi, sebaiknya Anda memberitahu kru pesawat yang Anda tumpangi. Misalnya jika Anda alergi terhadap udara yang terlalu dingin, maka kru akan membantu Anda menjaga temperature area duduk Anda tetap hangat dan nyaman, atau paling tidak dia akan memberikan selimut pada Anda.

Kesepuluh, konsultasi dengan dokter. Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter tentang kesehatan Anda sebelum bepergian. Jangan pernah meremehkan untuk mengecek kesehatan. Jadi, Anda bisa mengetahui apakah Anda sudah cukup sehat untuk melakukan perjalanan melalui penerbangan atau mungkin Anda bisa minta vaksin atau imunasi tertentu jika memang dibutuhkan.