Nutrisi Tepat untuk Anda Penggemar Jogging

6 May 2013 | 08:39

Nutrisi untuk penggemar jogging sangat dibutuhkan agar nutrisi di dalam tubuh tidak hilang seiring dengan kegiatan pagi yang kita lakukan. Nutrisi untuk penggemar jogging harus mampu memaksimalkan fungsi lari pagi itu sendiri dan juga mengganti nutrisi tubuh yang hilang. Tetapi nutrisi ini bukan berarti Anda harus makan makanan berat terlebih dahulu, berikut ini beberapa makanan yang sangat bagus jika dikonsumsi pada pagi hari:

Nutrisi untuk penggemar jogging

  • Pisang. Pisang adalah jenis buah yang cepat dan mudah dicerna sebelum Anda berkegiatan pagi, misalnya lari pagi. Buah ini banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, antara lain magnesium, karbohidrat dan juga kalium. Nutrisi-nutrisi inilah yang sangat dibutuhkan oleh seorang pelari. Karbohidrat berfungsi untuk memberikan energy, sedangkan magnesium dan kalium berfungsi untuk melawan kram serta mengganti zat-zat yang hilang melalui keringat. Karena pisang mempunyai kandungan air yang tinggi yang juga bisa mengatasi dehidrasi.
  • Oatmeal. Nutrisi untuk penggemar jogging yang kedua ini adalah asupan sehat yang menjadi bahan bakar saat Anda lari pagi. Oatmeal mempunyai kandungan protein dan karbohidrat yang tinggi.
  • Bagel dan selai kacang. Bagel gandum adalah sumber karbohidrat yang mempunyai daya kerja yang sangat baik untuk mengisi perut sebelum jogging di pagi hari. Untuk melengkapinya, Anda bisa memberi lapisan selai kacang tipis di atas bagel untuk menambah asupan protein dan membantu Anda merasa lebih kenyang. Sebaiknya Anda tidak menggunakan mentega karena mengandung banyak lemak dan beresiko menyebabkan masalah pencernaan.
  • Yogurt. Yogurt mengandung protein yang tinggi, khususnya yogurt Yunani yang mempunyai kandungan protein lebih banyak. Dan Anda membutuhkan protein tinggi dan karbohidrat untuk energy sebelum olahraga pagi.
  • Cairan. Nutrisi untuk penggemar jogging yang berikutnya adalah cairan untuk menghindari terjadinya kekurangan cairan dalam tubuh. Hidrasi merupakan komponen yang sangat penting yang harus diperhatikan, tidak hanya untuk lari pagi tetapi juga untuk kegiatan apapun. Sebelum berkegiatan, meminum banyak air putih bisa melembabkan tubuh. Selanjutnya, minum air putih selama olahraga atau beraktivitas untuk menjaga tingkat hidrasi di dalam tubuh.