Pentingnya Memakai Bra yang Tepat

8 November 2012 | 10:12

Bra yang tepat akan membantu meningkatkan kesehatan dan juga menjaga keindahan tubuh perempuan. Bra yang tepat tidak hanya berfunsgi sebagai pakaian dalam yang menutupi bagian intim seorang perempuan. Tetapi bra juga berperan besar pada kesehatan tubuh perempuan. Lalu, sudah tepatkah bra yang anda gunakan sekarang? Apakah Anda sudah bisa mendapatkan ukuran bra yang tepat? Karena sebagian besar perempuan masih tidak mau tahu tentang ukuran bra yang sebenarnya.

Bra yang tepat

 

Mengenakan bra dengan benar berfungsi untuk mendukung dan mengangkat payudara, memperbaiki postur tubuh dan juga membuat seseorang terlihat lebih ramping. Karena ketika seorang perempuan mengenakan bra yang tepat, pinggangnya akan terlihat lebih ramping dan kecil. Tetapi yang biasanya terjadi adalah perempuan masih suka mengenakan bra dengan ukuran yang lebih kecil daripada ukuran yang sebenarnya. Mereka percaya bahwa dengan mengenakan ukuran bra yang lebih kecil bisa membuat payudara terlihat lebih padat. Padahal ada efek negative yang bisa ditimbulkan dengan mengenakan ukuran bra yang kekecilan, yaitu bisa mengganggu kesehatan.

Bra yang tepat akan membentuk badan yang lebih bagus dan ideal. Bra yang kebesaran juga mempunyai dampak yang sama dengan ukuran bra yang kekecilan, yaitu tidak bisa efektif memegang payudara. Sehingga jika mengenakan bra yang kebesaran akan menyebabkan payudara tetap menggantung karena pengaruh gravitasi. Akibatnya, payudara akan kendor sebelum waktunya. Anda tidak mau kan jika kesehatan dan kecantikan tubuh Anda terganggu? Untuk itulah, mulai sekarang Anda harus bisa cermat dalam mengukur ukuran payudara Anda.

Untuk pemilihan bra yang terlalu kecil bisa memgganggu sirkulasi aliran darah balik dan juga limfatiknya. Selanjutnya, untuk penggunaan bra yang terlalu kecil juga bisa mengurangi kenyamanan perempuan dalam beraktivitas. Karena penggunaan bra yang terlalu kecil bisa mengganggu pertumbuhan organ payudara. Anda seharusnya bisa merasakan ukuran payudara yang Anda sendiri karena ketika anda menggunakan ukuran bra yang kekecilan, Anda pasti merasa tidak nyaman. Anda bisa merasa sesak nafas dan juga sakit kepala. Nah, jika ukuran payudara terlalu besar tetapi masih mengenakan bra yang kekecilan, maka bisa membuat sakit punggung.

Bra yang tepat akan menghindarkan Anda dari beberapa efek yang merugikan, antara lain:

Pertama, pernafasan terganggu. Jika underwire (kerangka bawah bra) tidak pas pada tulang dada atau bra terlalu ketat, maka Anda bisa mengalami susah bernafas atau tidak bisa bernafas dengan benar. Jadi, Anda harus benar-benar memperhatikan hal ini.

Kedua, postur tubuh yang tidak bagus. Jika bra yang Anda kenakan terlalu ketat, maka akan membuat Anda cenderung membungkuk. Sehingga akan menyebabkan ketegangan dan postur tubuh anda juga akan berubah membungkuk.

Ketiga, lecet. Bra yang terlalu kecil bisa menyebabkan sirkulasi oksigen dan darah ke bagian-bagian tubuh tertentu akan terhambat. Selain itu, gesekan yang berasal dari bra yang ketat juga bisa menyebabkan gesekan dan lecet pada kulit.

Keempat,  nyeri payudara. Karena adanya sirkulasi udara pada payudara yang terbatas maka akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Hal inilah yang jika diteruskan akan menyebabkan nyeri pada payudara.

Kelima, sakit kepala. Bra yang ketat bisa membatasi dibatasi aliran darah. Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan kekurangan oksigen pada bagian-bagian tubuh tertentu. Nah, hal inilah yang kemudian menyebabkan sakit kepala.

Untuk menghindari masalah kesehatan ini, sebaiknya Anda mengecek ukuran payudara setiap 6 bulan sekali. Hal ini dikarenakan ukuran payudara bisa mengalami perubahan, terutama untuk perempuan yang sudah mempunyai anak. Untuk memilih bra berkawat, cobalah membungkuk ke belakang. Jika kawat berada di bawah payudara dan tidak berubah ketika Anda berdiri, maka itulah bra yang tepat untuk Anda!