Penurunan Berat Badan Menjelang Pernikahan

3 October 2012 | 10:11

Penurunan berat badan memang sudah sering dilakukan oleh para perempuan untuk terlihat lebih ramping dan cantik.  Tetapi adakah cara yang lebih tepat untuk membantu penurunan berat badan saat menjelang pesta pernikahan? Karena setiap orang pastinya akan memilih menjadi perempuan yang paling cantik di pesta pernikahannya dariapda menjadi cemoohan karena badannya terlalu gemuk. Bahkan banyak sekali para perempuan yang rela menjalankan diet ketat hanya untuk menjadi pengantin paling cantik.

Tetapi daripada Anda melakukan diet yang terlampau ekstrem dan mengancam kesehatan, sebaiknya Anda mengatur pola makan dan memperbanyak aktivitas fisik yang Anda sukai. Karena menjelang pesta pernikahan, Anda tidak boleh mengalami sakit atau kesehatan Anda nge-drop karena diet yang berlebihan. Kebugaran Anda sangta penting agar pesta pernikahan Anda tidak mencari berantakana. Anda juga harus mempersiapkan banyak hal sebelum pernikahan yang mengharuskan Anda untuk hidup lebih sehat dan lebih bisa berpiir jernih. Berikut ini ada lima cara untuk menurunkan berat badan sebelum melangsungkan pesta pernikahan:

 Penurunan berat badan

1)  Penurunan berat badan bisa dilakukan dengan minum air. Anda bisa mengganti minuman manis kesukaan Anda dengan air mineral. Karena selain sehat, air juga bisa membantu tubuh untuk membuang racun dan secara konstan bisa menjaga Anda dari “godaan” untuk ngemil dan makan secara berlebihan. Bahkan. Para pakar kesehatan juga menyarankan untuk meminum air sebanyak delapan gelas per hari.

2)  Kurangi porsi makan. Mengkonsumsi makanan dengan porsi besar adalah salah satu penyebab meningkatkan kalori dan berat badan. Itulah sebabnya Anda harus mengurangi porsi makan dan tambah hanya jika Anda merasa masih lapar. Para ahli diet juga mengatakan bahwa lebih baik makan empat sampai lima kali dengan porsi kecil makanan daripada makan 2 sampai 3 kali dengan porsi yang besar.

3)  Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan mengandung banyak sekali zat yang sangat penting untuk metabolism tubuh dan untuk membuat tubuh lebih bugar. Selain itu, dengan sering mengkonsumsi buah, kemungkinan berat badan naik akan semakin kecil. Pilihlah sayuran yang menjadi favorit Anda untuk cemilan di siang atau sore hari. Jangan lupa juga untuk menaruh buah di dalam tas. Hal ini untuk mengantisipasi jika Anda masih merasa lapar. Misalnya Anda memilih memasukkan  buah pisang untuk teman Anda bekerja dan menunggu waktu makan malam. Hal ini akan lebih baik daripada Anda harus ngemil makanan yang tidak sehat. Simpan buah di dalam kulkas untuk berjaga-jaga apabila Anda merasa lapar di malam hari setelah makan malam atau pada saat sebelum waktunya makan.

4)  Penurunan berat badan juga bisa dilakukan dengan mengurangi minuman berenergi dan alcohol. Karena satu botol minuman berenergi mampu menghasilkan 150 kalori atau lebih. Mengurangi asupan minuman penambah energy dan minuman beralkohol dalam seminggu bisa memangkas ratusan kalori. Untuk acara khusus, Anda bisa menggantinya dengan cocktail dan wine saja. Tetapi untuk minuman sehari-hari, sebaiknya Anda menggantinya dengan air putih yang lebih sehat.

5)  Olahraga. Walaupun banyak orang yang menganggap olahraga sebagai diet adalah cara yang klise, tetapi olahraga memang mampu menjadikan tubuh Anda lebih langsing dari sebelumnya. Melakukan kegiatan fisik bisa membantu Anda untuk mendapatkan tubuh indah seperti yang Anda inginkan. Carilah jenis olahraga yang paling Anda sukai. Misalnya jalan santai, naik sepeda, jogging di taman, berenang atau sekedar membersihkan rumah. Olahraga yang dilakukan dalam waktu dua puluh menit setiap hari akan membantu meningkatkan energy Anda dan bisa membakar kalori. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal dalam kurun waktu enam bulan. Tetapi harus diingat, olahraga yang teratur!