Perawatan Khusus untuk Baju Putih dan Hitam

12 May 2014 | 08:30

Perawatan khusus untuk dua warna ini memang susah-susah gampang. Perawatan khusus untuk baju dua warna netral ini dilakukan untuk menghindari warna menjadi cepat pudar dan berubah warna, misalnya menjadi kekuningan untuk baju warna putih dan menjadi lusuh untuk baju berwarna hitam.

Perawatan khususNah berikut ini beberapa perawatan yang bisa Anda lakukan:

Yang pertama adalah untuk merawat baju berwarna putih:

  • Ketika mencuci, pisahkan baju putih dengan baju yang lain karena baju putih sangat rentan terkena lunturan baju berwarna lain. Setelah mencuci secara terpisah, rendamlah baju putih Anda dengan air hangat.
  • Untuk menghindari luntur karena faktor air, sebaiknya ketika merendam atau mencuci tambahkan setengah cup cuka ke dalam mesin cuci. Ketika Anda mencuci dengan tangan, Anda bisa memasukkan cuka di rendaman baju.
  • Perawatan khusus untuk baju berwarna putih adalah meminimalisir deterjen pemutih. Kenapa? Karena jika terus-menerus menggunakan deterjen pemutih, baju putih Anda akan berubah menjadi kuning juga. Untuk menyiasatinya, ganti deterjen pemutih dengan baking soda. Caranya adalah dengan mencampur setengah cup baking soda dengan campuran air dan deterjen. Tak perlu lagi menggunakan cairan pemutih.
  • Perhatikan kebersihan mesin cuci Anda. karena mesin cuci juga menyimpan kotoran-kotoran dari baju yang sudah dicuci sebelumnya. Dan kotoran-kotoran yang tertinggal ini bisa membuat warna baju menjadi pudar. Untuk membersihkan mesin cuci juga cukup mudah, yaitu dengan mengisi mesin dengan air seperti cara biasa ketika akan mencuci baju. Selanjutnya tambahkan 1 cup cairan pemutih ke dalam air tersebut kemudian aturlah waktu selama beberapa menit. Fungsinya agar cairan pemutih tersebut membersihkan bagian dalam mesin cuci Anda.

Yang kedua adalah cara untuk merawat baju berwarna hitam:

  • Perhatikan material dan jenis baju hitam Anda. semakin buruk kualitasnya, maka semakin cepat memudar pula warnanya. Untuk baju hitam sendiri sebaiknya tidak terlalu sering dipakai dan dicuci agar warnanya tetap pekat.
  • Saat mencuci, pisahkan pakaian berwarna cerah dan warna hitam. Karena kedua warna ini akan saling mempengaruhi sehingga yang hitam akan berubah pudar dan sebaliknya yang berwarna cerah akan terkena lunturan warna hitam. Karena serat-serat baju berwarna cerah akan lebih mudah menempel di baju warna hitam.
  • Perawatan khusus baju hitam ini juga meliputi cara pencucian. Sebaiknya campurkan 1 cup cuka dan 4 ember air sebelum Anda mencuci baju hitam Anda. cuka berfungsi untuk menjaga kesolidan warna.
  • Jangan menggunakan air hangat ketika mencuci baju berwarna hitam karena air hangat atau panas bisa membuat warna lebih cepat pudar. Selain itu, jangan terlalu banyak menggunakan deterjen untuk menjaga warna baju Anda. mencuci secara manual dengan tangan juga lebih bagus daripada mencuci dengan mesin cuci.
  • Jangan menjemur baju hitam langsung di bawah sinar matahari karena sinar matahari langsung bisa membuat baju berwarna hitam lebih cepat memudar.