Perkenalkan Buah Hati dengan Dunia Olahraga yang Aman

19 April 2013 | 08:57

Memperkenalkan olahraga pada anak memang positif, asalkan Anda juga bisa membedakan mana olahraga yang aman untuk buah hati dan mana yang tidak. Karena jika Anda salah dalam memperkenalkan olahraga pada anak, bisa terjadi cedera ringan pada anak. Nah, untuk mulai meperkenalkan gaya hidup sehat, berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang aman dan baik dilakukan untuk anak-anak:

Memperkenalkan olahraga pada anak

  • Berenang. Berenang bisa dilakukan dengan aman dan menyenangkan, karena hampir semua anak-anak menyukai bermain air. Tetapi Anda juga harus tetap mengawasi setiap gerak-geriknya saat berenang agar kita tahu perkembangan dan apa yang dia butuhkan.
  • Hiking. Kegiatan ini juga sangat baik untuk memperkenalkan anak Anda pada keindahan alam dan juga aneka ragam flora dan fauna. Anda bisa membuat jalur hiking yang aman dan tidak terlalu melelahkan. Anda bisa membuat jalur hiking sederhana ini di sekitar rumah Anda, atau di kebun dekat rumah. Kemudian bekali anak Anda sebuah buku tulis kecil dan pensil agar mereka bisa mencatat atau menggambar apa yang mereka temui di jalur hiking tersebut.
  • Bulu tangkis. Memperkenalkan olahraga pada anak juga bisa Anda lakukan dengan olahraga bulu tangkis. Cobalah sesekali mengajaknya bermain bulu tangkis. Olahraga ini bermanfaat untuk mengajarkannya koordinasi antara mata dan tangan serta melatih ketrampilan. Untuk mengawasi jalannya pertandingan dan kondisi anak Anda, Anda bisa menjadi wasit.
  • Bowling. Anak-anak kebanyakan menyukai bola-bola dengan warna cerah. Nah dengan mengajaknya bermain bowling, Anda bisa mengajarkan kesabaran, koordinasi dan ketelitian dalam menjatuhkan pin. Tetapi Anda juga tidak boleh membiarkannya bermain sendirian untuk menghindari resiko cedera karena beban bola bowling.
  • Yoga. Jangan salah dulu, karena yoga juga bisa dilakukan oleh anak-anak. Sekarang ini sudah mulai banyak ditemukan latihan yoga untuk anak. Yoga untuk anak terbilang aman. Manfaatnya adalah untuk melatih kesabaran di buah hati dan memperkuat tubuh.
  • Seni bela diri. Seni bela diri bermanfaat untuk mengajarkan anak cara untuk menghindari penyerang dan cara mengatasinya serta menanamkan rasa disiplin pada diri sang buah hati Anda.
  • Tari. Anda bisa memilih seni tari yang disukai oleh buah hati Anda, misalnya tari hip hop, balet, sampai tari tradisional. Dengan menari, Anda melatih buah hati Anda untuk terampil dan membakar kalori tanpa melukai dirinya sendiri.
  • Panjat tebing. Memperkenalkan olahraga pada anak berguna untuk tumbuh kembang sang buah hati. Olahraga yang cukup ekstrim ini berfungsi untuk meningkatkan koordinasi antara kaki, tangan dan juga mata. Anda tidak perlu kuatir dengan keamanannya karena selalu dijaga oleh pemandu.