Poles Karirmu!

25 September 2012 | 09:45

Karir Anda sekarang bisa menentukan bagaimana masa depan Anda ke beberapa tahun mendatang. Karir Anda sekarang bisa Anda poles agar lebih cemerlang dan menjanjikan. Pepatah sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit akan berhasil jika diterapkan dengan maksimal. Karena sedikit perubahan dalam keseharian bisa berpengaruh besar pada karir Anda. Misalnya mengubah reaksi, pergeseran jadwal, sampai membongkar tata letak benda-benda di atas meja bisa memberikan pengaruh positif terhadap karir dan kinerja Anda. Cobalah sekarang!

 Karir

Posisi yang menentukan prestasi.

Masalah yang sering sekali dialami oleh pekerja kantoran adalah tidak betah di kantor, ingin cepat istirahat dan ingin cepat pulang. Walaupun membuat suasana kantor senyaman suasana rumah sangat sulit, tapi Anda masih bisa membuatnya senayaman mungkin, salah satu adalah wilayah kekuasaan Anda: meja kerja. Terlebih jika ada kubikel yang seringkali membuat penghuninya merasa terisolasi tanpa adanya ruang privacy. Nah, untuk membuat meja kerja dan kubikel Anda terasa lebih nyaman, Anda bisa melakukan tips berikut:

  • Posisikan meja Anda sampai Anda bisa melihat seluruh kubikel walaupun sedang menghadap ke layar computer. Pastikan Anda melihat ke pintu masuk kubikel Anda. Inilah yang disebut sebagai power position dalam fengshui. Jika tidak mungkin untuk menggeser meja Anda, Anda bisa menaruh cermin yang bisa memantulkan apa yang terjadi di belakang Anda.
  • Hindari meja yang berantakan. Dalam fengshui, kekacauan di atas meja berarti Anda tidak mampu untik maju dan ada banyak keputusan yang masih tertunda. Jadi, jika Anda masih membiarkan karir Anda berantakan, artinya Anda juga membiarkan karir Anda terhambat. Taruh berkas-berkas yang sedang Anda kerjakan saja di atas meja. Simpan berkas yang lain di gudang arsip atau di dalam laci.
  • Kursi merepresentasikan karir Anda. Untuk itulah sebaiknya Anda memilh kursi yang bersih dan nyaman. Karena kursi yang kotor merepresantasikan sikap masa bodoh terhadap karir.
  • Kelelahan dan stress bisa dipicu karena terlalu lama menatap layar monitor. Nah, untuk mengoreksi energy elektromagnetik negative yang diproduksi oleh computer, Anda bisa menyimpan tanaman hijau di dekat monitor dengan jarak 90 cm.

Karir juga dipengaruhi oleh pengaturan waktu online.

Internet bisa menjadi kawan dan juga bisa menjadi lawan. Jika pekerjaan Anda menuntut Anda untuk mengetahui informasi yang selalu update dan luas, internet akan sangat membantu pekerjaan Anda. Tetapi terlalu asik dengan internet juga bisa membuat Anda lupa waktu yang menyebabkan pekerjaan utama Anda terbengkalai. Nah, agar terhindar dari jeratan internet, lakukan beberaoa hal berikut:

  • Tentukan berapa lama Anda akan surfing di internet setiap hari. Misalnya dengan menjadwalkan satu jam di pagi dan satu jam di sore hari. Jangan terpancing untuk selalu membalas komentar di facebook, twitter atau email yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan sampai masuk waktu yang sudah Anda tentukan.
  • Beri waktu khusus untuk mengurus email dan jangan disambil membuka halaman yang lain. Karena menulis email juga membutuhkan konsentrasi. Idealnya, begitu Anda tiba di kantor, langsung cek inbox email Anda. Berikan waktu setengah jam untuk membuka semua inbox.
  • Buatlah daftar siapa saja yang harus Anda kirimi email dan jadwalkan setiap jam 10 pagi untuk mengirim email hari itu.
  • Mengunduh file sambil bekerja akan menghemat waktu. Tetapi ingat, computer kantor Anda harus canggih agar tidak mengganggu kinerja Anda. Jika Anda ingin mengunduh file yang ukuranya besar, Anda bisa melakukannya ketika computer sedang idle, yaitu ketika jam istirahat makan siang.

Karir akan meningkat dan Anda juga tidak stress.