Pria dan Kebiasaannya Setelah menikah

21 May 2013 | 10:01

Kebiasaan pria akan mulai terlihat nyata begitu menikah. Karena memang kebiasaan pria tidak bisa tertutup terlalu lama, boys will always be boys. Kebiasaan mereka terkadang bisa membuat Anda merasa gemas, tetapi bagaimanapun dialah orang yang Anda cintai. Mungkin memang benar jika sebuah pernikahan bisa mengubah seorang pria. Tetapi perubahan yang dialami tidak hanya perubahan positif tetapi juga perubahan yang terkadang membuat Anda menjadi gemas atau bahkan sebal. Dibutuhkan kesabaran ekstra untuk menghadapi beberapa kebiasaan berikut ini yang baru muncul, antara lain:

Kebiasaan pria

  • Tidak mau bertelepon lama. Pada saat masih berpacaran, mungkin Anda berdua sering sekali bertelepon sampai lama. Tetapi ketika sudah menikah, jangan harap hal ini akan terulang lagi. Karena jangankan menelpon sampai lama, memberitahu Anda bahwa dia akan pulang terlambat pun bisa saja dia lupa. Jadi, jangan berharap dia akan sering menanyakan apakah Anda sudah makan atau belum, dan pertanyaan-pertanyaan manis yang dulu dia tanyakan ketika masih pacaran.
  • Dia juga gemar bergosip. Kebiasaan pria yang satu ini mulai terlihat ketika dia sudah menjadi suami. Jika dulu dia sangat rewel jika Anda bergosip, maka sekarang dia pun mulai melakukan kebiasaan ini. Si dia mulai membahas soal gossip tetangga. Dan bahkan dia lebih update tentang gossip yang ada daripada Anda sendiri.
  • Tidak mengenal multitasking. Dia tidak bisa mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Jika Anda sepulang kerja bisa mengerjakan pekerjaan rumah tangga, maka berbeda dengan dia yang hanya bisa beristirahat dan menonton TV sepulang dari kantor. Dan akan menjadi sia-sia jika Anda mengomel panjang lebar karena dia memang tidak bisa multitasking seperti Anda.
  • Jarang mau mendengarkan. Dia lebih cenderung lebih suka untuk diam dan menghindari perdebatan. Ketika masih pacaran dulu mungkin Anda dan si dia masih sering berdebat tetapi tidak saat Anda dan dia sudah menjadi sepasang suami-istri.
  • Selalu harus diingatkan. Ketika sudah menikah, mendadak si dia selalu ingin diingatkan tentang hal-hal penting sampai yang tidak penting. Misalnya jadwalnya untuk futsal bersama teman-teman, hari ulang tahun Anda, dan lain sebagainya.
  • Manja ketika sedang sakit. Kebiasaan pria yang satu ini terkadang membuat Anda merasa gemas dan lucu. Karena dulu ketika masih pacaran, dia seolah menjadi superhero yang selalu kuat menghadapi rasa sakit yang dideritanya. Tetapi setelah menikah, ketika sakit dia akan menjadi manja seperti meminta Anda untuk menemaninya, memijitinya, membuatnya nyaman, dan lain sebagainya.
  • Lupa mengeluarkan inisiatif. Jika dulu dia suka sekali melakukan sesuatu untuk Anda tanpa Anda suruh, maka sekarang sudah berbeda. Karena ketika seorang pria sudah menikah, dia seperti kehilangan inisiatif diri. Jadi, Anda harus memintanya terlebih dulu untuk melakukan sesuatu. Hal inilah yang seringkali memicu pertengkaran di dalam rumah tangga.
  • Talk less, do more. Saat melakukan sesuatu yang dia suka, dia mulai jarang meminta pendapat Anda terlebih dahulu. Jadi, dia akan langsung melakukan apa yang dia mau tanpa mendapat persetujuan dari Anda. Hal ini juga yang seringkali menimbulkan perselisihan antara Anda dan suami karena komunikasi seolah tidak jalan. Padahal Anda juga sebenarnya bisa membiarkannya menikmati dunianya sendiri dan terlepas dari semua tanggung jawabnya sebagai seorang suami untuk sementara waktu.
  • Kurang mempedulikan penampilan. Jika dulu dia selalu terlihat rapid an wangi, maka jangan harap Anda bisa menemukan hal yang sama setiap hari padanya ketika sudah menikah. Bahkan untuk menemani Anda berbelanja, dia akan lebih nyaman memakai kaos dan celana pendek.
  • Romantis? Sudah lupa tuh! Walaupun dulu saat masih pacaran dia sangat romantic, tapi hal ini sangat jauh berkurang ketika dia sudah menjadi suami Anda.

Tetapi tak perlu takut, semua ini tidak akan terasa ekstrem jika Anda juga mampu menyikapi perubahan ini dengan bijak. Pernikahan bukanlah sesuatu yang menyeramkan, karena banyak sekali hal-hal menyenangkan dan membahagiakan yang mewarnai hidup Anda setelah menikah.