Program Punya Anak? Pertimbangkan Beberapa Hal Berikut

29 May 2013 | 09:56

Program memiliki momongan biasanya langsung dilakukan oleh pasangan baru. Program memiliki momongan atau menunda momongan sebaiknya tetap memperhatikan beberapa hal. Karena mempunyai anak bukanlah sesuatu yang mudah. Sebagai orang tua, kita dituntut untuk mempunyai kesiapan dan tanggung jawab terhadap sang anak. Nah berikut ini beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk melakukan program mempunyai momongan:

Program memiliki momongan

  • Perubahan gaya hidup. Dengan adanya seorang anak, Anda akan beralih dari seorang dewasa menjadi orang tua. Anda tidak hanya berperan sebagai istri tetapi juga sebagai Ibu yang harus ada untuk suami dan anak. Mungkin hal ini tidak masalah untuk mereka yang sudah berencana menjadi seorang Ibu rumah tangga, tetapi bagaimana untuk mereka yang terbiasa aktif di luar rumah? Pastinya membutuhkan adaptasi yang lumayan berat. Waktu yang tadinya untuk hang out bersama teman-teman pun akhirnya harus Anda potong agar bisa terus menemani suami dan anak. Karena keluarga lah yang sekarang harus Anda prioritaskan.
  • Pengetahuan seputar kehamilan dan kelahiran. Program memiliki momongan sebaiknya diimbangi dengan informasi dan pengetahuan seputar kehamilan dan kelahiran. Jika selama ini Anda hanya bergulat dengan masalah PMS dan menstruasi, maka sekarang lebih kompleks. Anda harus dihadapkan pada sebuah tantangan besar yaitu menjadi seorang Ibu. Tetapi Anda tak perlu takut membayangkan proses persalinan yang akan Anda alami, konsultasilah pada dokter atau bidan. Selain itu, mintalah dukungan dari sang suami untuk mendukung masa-masa kehamilan Anda.
  • Tekanan dari berbagai pihak. Biasanya ketika mulai hamil, akan banyak nasehat yang berasal dari berbagai pihak. Dan hal ini terkadang bisa membuat Anda bingung karena masing-masing dari mereka mempunyai pendapat dan cara penyampaian yang berbeda. Selain itu, selama hamil juga ada sindrom yang bisa berpengaruh pada kondisi psikis Anda. Nah untuk mengatasinya, Anda bisa mengikuti kelas yoga untuk Ibu hamil atau olahraga kecil agar tekanan-tekanan yang datang tidak berpengaruh pada kondisi Anda.
  • Perawatan dan kebutuhan anak. Program memiliki momongan juga harus dibarengi dengan rasa tanggung jawab untuk merawat bayi Anda dan bahkan memanjakannya. Misalnya dengan mengetahui kebutuhan-kebutuhan bayi, mulai dari kebutuhan primer sampai sekunder. Pahami bahwa mereka tidak hanya membutuhkan sandang, pangan dan papan tetapi juga kasih sayang, pendidikan dan juga mainan. Sebisa mungkin Anda sudah mulai mempersiapkan tabungan yang cukup untuk anak Anda kelak. Memang tidak harus dipikirkan semuanya sekarang tetapi paling tidak Anda sudah mempunyai bayangan dan sedikit tabungan yang bisa ditambah seiring dengan perkembangan anak Anda dan juga perkembangan karir Anda dan suami.

Menjadi seorang Ibu memang tidak mudah. Tetapi ketika Anda sudah merasakan sendiri bagaimana menjadi seorang Ibu, Anda akan merasakan kesempurnaan sebagai seorang wanita. Untuk itulah, Anda harus selalu menikmati setiap fase yang ada pada masa kehamilan sampai mengasuh anak Anda.