Rangsangan Warna Pada Otak

26 September 2012 | 09:48

Rangsangan warna terhadap otak tentunya akan memberikan kesan tersendiri pada penghuni rumah dan juga pada tamu yang datang. Rangsangan warna juga seringkali diasosiasikan pada makna-makna tertentu. Nah kemudian rangsangan inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh beberapa pihak, seperti restoran cepat saji. Restoran cepat saji berhasil memanfaatkan hasil penelitian bahwa warna merah bisa memicu orang-orang yang melihatnya merasa lapar.

Rangsangan warna

Selain mempunyai “kemampuan” untuk mempengaruhi orang yang melihatnya, ada beberapa warna yang berbeda yang juga mempunyai kemampuan yang juga berbeda dalam menyerap maupun memantulkan cahaya. Jadi, Anda harus yakin dulu tentang efek apa yang ingin Anda hadirkan dalam ruangan di dalam rumah Anda. Berikut beberapa informasi menarik untuk memilih warna yang cocok dengan efek yang ditimbulkan untuk setiap ruangan Anda.

Rangsangan warna pada ruang makan

Nah, di sini Anda bisa mengaplikasikan apa yang dilakukan oleh restoran cepat saji, yaitu dengan menggunakan warna-warna terang, misalnya oranye atau merah. Selain warna cerah, Anda juga bisa menggunakan warna-warna bumi yang terkesan lebih “serba guna” dan “biasa”. Tapi, pastikan Anda menghindari penggunaan warna biru karena warna ini bisa menurunkan nafsu makan Anda dan keluarga.

Warna dapur

Nah, hal pertama yang harsu Anda perhatikan dalam memilih warna keseluruhan warna dapur adalah memastikan warna kitchen set Anda. Kemudian Anda bisa mencari warna lain untuk membuatnya lebih serasi dengan keseluruhan warna dapur. Selain merupakan bagian paling utama dapur, Anda juga masih bisa menentukan warna dapur dengan cara lain. Yaitu dengan cara yang lebih mudah dan murah, yakni dengan mengganti cat dan juga pernak-pernik dapur. Jadi, Anda tidak perlu membeli keseluruhan kitchen set yang baru. Anda bisa memilih dan mencoba beberapa warna seperi persik, cokelat dan kuning. Untuk menambah kesan cantik pada dapur Anda, Anda bisa menambahkan warna merah terakota sebagai aksen.

Rangsangan warna ruang tamu

Nah, dalam memilih warna di ruanga tamu bisa disesuaikan dengan kesan yang And ainginkan di dalam ruangan ini. Jika Anda menginginkan kesan maskulin dan formal, Anda bisa memilih warna abu-abu untuk ruang tamu Anda. Sedangkan jika Anda ingin menampilkan kesan luas, Anda bisa memilih warna-warna terang. Sebaliknya, jika Anda ingin membuat ruang tamu Anda terkesan lebih sempit dan lebih cozy, Anda bisa memilih warna gelap. Nah, untuk warna beige, kuning gading atau krem akan membuat nuansa inviting pada ruang tamu Anda.

Warna kamar mandi

Karena ruangan ini merupakan salah satu ruangan yang paling pribadi di rumah Anda. Untuk itu, pilihlah warna yang benar-benar Anda inginkan dan memang benar-benar warna favorit Anda. Tetapi untuk menghidupkan kesan seperti sedang di dalam spa, Anda bisa memilih warna-warna bumi, warna biru laut kehijauan dan warna biru muda.

Warna kamar tidur

Untuk kesan menenangkan dan nyaman di dalam kamar tidur, sebaiknya Anda memilih warna hijau atau biru. Tetapi jika Anda ingin menampilkan kesan romantic, Anda bisa memilih warna persik, burgundy, merah muda atau koral. Sebaiknya hindari warna-warna yang justru akan menambah semangat yang nantinya malah membuat jam isritahat Anda malah kurang nyaman.

Setelah menyimak informasi tersebut, semoga bisa memberikan inspirasi bagi Anda yang ingin merenovasi rumah. Selamat mencoba.