Rutin Agendakan Liburan Bisa Selamatkan Tubuh dan Pikiran

18 September 2014 | 09:42

Agenda liburan biasanya disepelekan oleh sebagian besar masyarakat, khususnya di Indonesia. Masih banyak yang beranggapan bahwa agenda liburan hanya menghabiskan uang, bersenang-senang dan tidak ada manfaatnya. Bahkan dengan berlibur, kita bisa melepaskan diri dari hiruk-pikuk keriuhan kota, pekerjaan yang menumpuk dan bersantai dari segala beban yang mengganjal. Bahkan berdasarkan penelitian, berlibur tidak hanya bisa menyehatkan mental tetapi juga meningkatkan kesehatan fisik kita, antara lain bisa menurunkan resiko penyakit jantung dan tekanan darah. sebagai catatan, liburan yang dilakukan harus berkualitas. Penasaran dengan manfaat lainnya? Ini dia!

Agenda liburan

  • Mencegah penyakit jantung. Hasil ini seperti hasil penelitian yang dilakukan oleh National Heart, Lung and Blood Institute yang ada di Bethesda, Maryland. Dari penelitian tersebut didapatkan bahwa wanita yang rutin bepergian, baik dalam maupun luar negeri, minimal dua kali setahun mempunyai resiko terkena penyakit jantung 8x lebih kecil daripada mereka yang jarang atau bahkan tidak pernah travelling atau bepergian.
  • Menjauhkan diri dari resiko kegemukan. Agenda liburan yang dilakukan secara rutin membentuk indeks massa tubuh yang lebih rendah dan lingkar pinggangnya lebih kecil daripada mereka yang tidak pernah mengagendakan travelling ke suatu tempat. Hasil ini disampaikan oleh sebuah penelitian yang dimuat di dalam jurnal Psychosomatic.
  • Mempunyai tidur yang lebih berkualitas. Hasil penelitian ini juga disebutkan dalam jurnal yang sama, yaitu Psychosomatic Medicine, menyebutkan bahwa orang yang rutin travelling mempunyai kualitas tidur yang lebih baik daripada mereka yang tidak pernah atau jarang travelling. Hal ini akibat dari perasaan rileks yang didapatkan saat liburan bisa membuat Anda terloepas dari perasaan stres dan masalah yang melilit yang bisa berakibat depresi. Saat pulang dari liburan, biasanya yang terasa adalah tubuh menjadi ringan karena perasaan bahagia dan nyaman sehingga siap kembali menghadapi tantangan selanjutnya. Stres pun hilang dan kualitas tidur pun meningkat.

Agenda liburan yang dilakukan secara rutin bisa meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas Anda. lalu berapa idealnya seseorang mengagendakan berlibur? Untuk kegiatan liburan rutin, sebaiknya minimal 2-3 kali dalam setahun. Dan sebaiknya rutin melakukan liburan walaupun waktunya pendek, karena liburan pendek yang dilakukan secara rutin hasilnya lebih efektif daripada liburan panjang tetapi jarang.

Hal yang harus Anda hindari selama liburan adalah hanya bermalas-malasan saja di tempat tidur. Hal ini hanya akan membuat tubuh Anda menjadi lemas dan tidak menikmati hal apapun untuk dilakukan sepanjang hari. Kurangi stres dengan bangun sebelum matahari mulai tinggi dan dapatkan kulit yang sehat dan segar. Rasakan perbedaannya daripada hanya bermalas-malasan di tempat tidur.

Berlibur haruslah menikmati setiap hal yang ada di sekeliling kita, salah sautnya bisa dengan berjalan-jalan ke tempat-tempat wisata atau pasar tradisional yang ada di kota tempat Anda berlibur. Lakukan aktivitas dengan santai agar Anda pun menikmatinya.