Sedang Menstruasi Tak Seharusnya Menjadi Penghalang Beraktivitas

18 September 2014 | 09:44

Makanan penuh energi saat menstruasi akan membantu para wanita tetap aktif tanpa nyeri haid maupun perut begah. Makanan penuh energi saat menstruasi akan mengembalikan nutrisi yang hilang. Karena ketika seorang wanita mengalami menstruasi, dia akan kehilangan sebagian besar minetral dan nutrisi melalui darah menstruasi. Inilah yang menyebabkan seseorang mudah sekali lemah dan letih ketika sedang menstruasi.

Makanan penuh energi saat menstruasiLalu untuk mengatasi kekurangan nutrisi dan mineral, Anda bisa mengkonsumsi makanan berikut ini:

  • Kedelai. Susu kedelai merupakan salah satu jenis makanan/ minuman dengan kandungan kalsium yang tinggi. Bahkan untuk wanita yang sedang berdiet disarankan untuk rajin mengkonsumsi susu kedelai dalam menu harian mereka. Susu kedelai tidak membuat gemuk jika dibandingkan dengan susu full cream. Kandungan kalsium yang tinggi pada susu kedelai bisa menjadikan tulang menjadi kuat serta menambah energi ketika darah yang keluar ikut membawa nutrisi di dalam tubuh.
  • Gandum dan sayuran. Makanan penuh energi saat menstruasi yang satu ini akan membuat perut kenyang lebih lama. Konsumsilah gandum utuh, nasi merah dan sayuran segar untuk rasa kenyang yang lebih lama dan tanpa menimbulkan efek penuh atau kembung. Kandungan karbohidrat kompleks yang ada di dalamnya juga berfunsgi untuk mengurangi tumpukan air di dalam tubuh yang berlebihan.
  • Air putih. Seperti yang kita ketahui, tidak hanya nutrisi saja yang berkurang banyak ketika sedang haid tetapi juga kandungan air di dalam tubuh. Untuk mencegah dehidrasi dan perut kram, banyak minum air putih akan membantu Anda untuk merasa lebih baik dan nyaman. Sesuai aturan yang berlaku, minumlah air minimal 8 gelas per hari. Jangan beranggapan bahwa minum banyak air putih saat haid hanya akan menumpuk cairan. Karena anggapan ini tidak benar.
  • Buah dan biji-bijian. Penumpukan cairan juga bisa dikurangi dengan mengkonsumsi jenis mineral seperti potassium. Beberapa buah-buahan yang mengandung mineral ini antara lain nanas, pisang dan jeruk. Selain itu, konsumsi makanan yang mengandung magnesium, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian. Konsumsi buah dan biji-bijian ini bisa membuat badan terasa lebih ringan dan tidak ‘bengkak’.
  • Protein. Saat haid, tubuh membutuhkan asupan protein yang lebih tinggi untuk membantu beraktivitas setiap hari. Asupan protein bisa Anda dapatkan dari dada ayam tanpa lemak, telur putih rebus dan susu rendah lemak.
  • Kacang. Makanan penuh energi saat menstruasi juga harus mengandung zat besi untuk mengganti kekurangan zat besi yang hilang bersama darah. Anda harus memastikan bahwa konsumsi zat besi Anda sudah cukup. Makanan alternatif lain yang bisa Anda konsumsi antara lain kurma, bayam dan kacang-kacangan.

Kembali aktif dan berkreasi walaupun haid datang ya, Ladies!