Seimbangkan Hormon dengan Makanan

22 August 2013 | 08:57

Menyeimbangkan hormon akan sangat bermanfaat bagi seluruh aspek kehidupan manusia. Menyeimbangkan hormon akan mengurangi berbagai masalah di dalam diri manusia, seperti munculnya stress, jerawat, menstruasi yang tidak teratur, dan lain sebagainya. Hormon bukan berarti sesuatu yang berhubungan dengan seks semata. Setiap langkah yang kita ambil di dalam hidup berhubungan dengan hormone. Jika hormon di dalam tubuh tidak seimbang, maka resiko kesehatan baik fisik maupun mental menjadi taruhannya. Ketidak-seimbangan hormon antara pria dan wanita juga berbeda, tetapi mempunyai gejala kesehatan yang sama. Untuk menyeimbangkan hormon yang ada di dalam tubuh, Anda perlu mengkonsumsi makanan sehat. Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk kesehatan hormonal Anda:

Menyeimbangkan hormon

  • Minyak kelapa. Menyeimbangkan hormon dengan minyak kelapa bisa terjadi jika Anda mengkonsumsinya dengan porsi yang teratur. Minyak kelapa mempunyai kandungan yang bisa membantu menurunkan berat badan dan ketidak-seimbangan hormon di dalam tubuh.
  • Air putih. Walaupun terdengar sederhana, tetapi manfaat yang diberikannya sangat banyak. Dengan rajin mengkonsumsi air mineral, Anda bisa melembabkan tubuh secara alami. Dan hal ini sudah otomatis akan menurunkan level stres Anda.
  • Kacang-kacangan. Seperti yang kita ketahui, kacang-kacangan merupakan salah satu sumber protein yang bagus untuk tubuh. Protein sangat penting dan berguna untuk mereka yang mempunyai masalah dengan system hormon di dalam tubuhnya. Jika perasaan Anda sering bergejolak atau sering mengalami stress, Anda bisa mengkonsumsi kacang kenari, almond, dan kacang hijau.
  • Sayuran. Nutrisi yang paling penting bagi tubuh bisa Anda temukan di dalam sayuran. Jadi jika Anda ingin menyeimbangkan hormon sebaiknya jangan malas untuk mengkonsumsi sayuran. Selain sayuran, Anda juga bisa mengkonsumsi buah-buahan untuk mengatur keseimbangan serta menstabilkan hormon, seperti membuat menstruasi lebih teratur, menghilangkan dan menghindari stress dan jerawat, dan lain sebagainya.
  • Alpukat. Alpukat mempunyai kandungan lemak baik yang memegang peranan penting untuk mengatasi ketidak-seimbangan hormon. Tetapi jika Anda tidak menyukai alpukat, Anda bisa menggantinya dengan buah pisang.
  • Ikan yang mengandung omega 6, misalnya ikan makarel.

Mudah bukan untuk menyeimbangkan hormone kita? Kita hanya perlu melakukan gaya hidup sehat serta mengatur asupan makanan. Dengan begitu, segala masalah hormonal seperti menstruasi tidak teratur, jerawat, mudah sensitif, masalah seksual, dan mudah stress bisa ditangani dengan mengatur konsumsi makanan Anda. Jagalah kesehatan mental dan fisik Anda dari dalam dan luar.