Selama Hamil, Hindari Makanan Ini

22 August 2013 | 08:55

Makanan yang berbahaya saat hamil berikut ini sebaiknya benar-benar harus dihindari. Karena makanan yang berbahaya saat hamil kemungkinan besar tidak hanya membahayakan sang Ibu tetapi juga janin yang dikandungnya. Semasa hamil, seseorang harus membatasi dan mengontrol asupan makanannya. Ada beberapa jenis makanan dengan nutrisi yang boleh dimakan dan ada juga yang tidak. Untuk menjaga kesehatan janin Anda, Anda harus bisa menjaga pola makan, walaupun harus meninggalkan makanan favorit Anda. Karena sebagai Ibu hamil, sudah sepantasnya Anda lebih memprioritaskan kesehatan janin Anda daripada kesenangan diri Anda sendiri.

Makanan yang berbahaya saat hamilUntuk mengetahui jenis makanan apa saja yang secara spesifik terlarang untuk Anda konsumsi, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk melihat dan memantau kondisi kehamilan Anda. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan mendapatkan penanganan lebih awal jika terjadi kelainan yang mengganggu janin dan Anda. Berikut ini beberapa jenis makanan yang berbahaya bagi Ibu hamil dan berpotensi menyebabkan keguguran, antara lain:

  • Seafood. Seafood atau ikan laut memang mempunyai kandungan protein dan vitamin yang tinggi serta kandungan Omega 3 yang paling baik. Tetapi jika usia kehamilan Anda masih muda, sebaiknya hindari makanan laut. Penyebabnya adalah kandungan merkuri yang mungkin terdapat di dalamnya. Kandungan merkuri ini bisa berbahaya bagi otak bayi. Terlebih dengan banyaknya pencemaran yang sulit dikendalikan di laut. Beberapa jenis ikan laut yang sebaiknya dihindari saat hamil muda antara lain mackerel, cumi, kepiting, udang, dan lain sebagainya.
  • Makanan mentah. Makanan yang berbahaya saat hamil berikutnya adalah jenis makanan yang tidak dimasak sempurna atau masih mentah, misalnya sayur mentah untuk lalapan. Sayuran memang bergizi tinggi, tetapi jika dikonsumsi dalam keadaan mentah bisa berbahaya bagi janin Anda. Makanan yang belum diolah bisa mengandung virus atau bakteri yang bisa mengganggu kesehatan Ibu dan bayi. Jika Anda menyukai ayam goreng dengan lalapan dan sambal, sebaiknya hindari mengkonsumsinya selama hamil.
  • Produk susu. Aneka macam produk olahan susu pada umumnya tidak mengalami proses pasteurisasi yang sempurna sehingga mmeungkinkan adanya bakteri yang berkembang di dalamnya. Dan bakteri yang berkembang di dalam produk tersebut berbahaya bagi kesehatan dan perkembangan janin. Itulah mengapa Anda sebaiknya tidak mengkonsumsi produk olahan susu selama masa kehamilan, misalnya produk feta dan brie. Atau Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda terlebih dahulu.
  • Minuman dan makanan beralkohol. Minuman dan makanan yang mengandung alcohol bisa menjadi racun yang sangat buruk bagi Ibu dan janin, bahkan bisa menyebabkan keguguran.

Buah dan sayur yang tidak dicuci. Makanan yang berbahaya saat hamil pun bisa berasal dari makanan yang sebenarnya kaya akan nutrisi dan vitamin. Tetapi jika Anda tidak mencucinya terlebih dahulu, akan sangat berbahaya bagi Anda dan janin. Karena sayur dan buah yang belum dicuci masih mengandung bakteri, virus, pestisida, dan lain sebagainya. Zat-zat berbahaya ini akan mengkontaminasi janin dan membuat kesehatan dan pertumbuhannya terganggu.