Sesuaikan Kardigan dengan Bentuk Tubuh Anda

17 January 2013 | 09:44

Kardigan biasanya digunakan sebagai alternative lain untuk berbusana stylish di dalam cuaca dingin. Kardigan bisa digunakan sebagai pengganti jaket, fungsinya pun sama tetapi modelnya lebih beragam. Untuk menyesuaikan model cardigan yang akan Anda pilih, Anda juga sebaiknya memilih yang sesuai dengan bentuk tubuh Anda.

Kardigan

  • Pinggul dan paha besar. Untuk perempuan yang mempunyai pinggul dan paha yang besar, sebaiknya mengenakan cardigan yang panjangnya di bawah pinggul atau tepat di pinggul. Jangan mengenakan model yang jatuhnya di bagian terlebar paha dan pinggul Anda. Mengapa? Karena hanya akan memaksa orang lain memperhatikan paha dan pinggul Anda. Untuk membuat kesan paha dan pinggul yang lebih ramping dan kecil, Anda bisa mengenakan model dengan cutting asimetris di bawahnya. Dan yang pasti, jangan mengenakan model pendek yang berpotongan tepat di bawah dada.
  • Bahu lebar. Detail yang cantik bisa menutupi bahu Anda yang lebar. Misalnya model dengan saku yang unik, manik-manik, dan lain sebagainya. Hindari model polos karena akan semakin menunjukkan ukuran bahu Anda. Agar bentuk tubuh terlihat lebih sempurna, Anda bisa memilih model cutting body dengan bahan rajut. Hindari model wide scoop neck (garis leher bulat dan dalam), boat-neck (kerah sabrina) atau epaulet (seperti model baju militer di bagian bahu).
  • Dada besar. Kardigan untuk Anda yang tidak ingin terlalu menonjolkan bagian dada bisa memilih model V-neck. Karena garis diagonal mempunyai efek pelangsing. Di model ini, posisi kancing lebih rendah dari garis horizontal dan hal ini semakin menjauhkan focus orang dari bagian dada. Hindari model cardigan berbahan rajut tebal, crew-neck (garis leher berbentuk lingkaran ketat di area leher), model dengan detail di bagian dada, model kelelawar (batwing), maupun model bertangan lebar. Model batwing ini akan membuat bagian dada terlihat lebih penuh dan besar karena modelnya membuat tangan akan menyatu dengan dada.
  • Lipatan perut. Kardigan yang cocok untuk menutupi bagian ini adalah model lurus di pinggang (boyfriend style). Jangan lupa juga untuk memilih model yang panjangnya menutupi bagian perut. Hindari model dengan tambahan detail di area perut, misalnya belt, dan lain sebagainya. Jangan memilih model pendek karena akan membuat tubuh terlihat persegi.

Nah setelah Anda mengetahui model-model cardigan yang cocok untuk tiap style dan bentuk tubuh perempuan, sebaiknya sekarang mulailah berhati-hati untuk memilih model yang cocok untuk bentuk tubuh Anda. Karena ketika Anda cocok dengan satu model, maka bentuk tubuh Anda akan terlihat lebih sempurna dan akan membuat Anda lebih percaya diri. Musim hujan pun bukan menjadi masalah untuk tetap tampil stylish.