Setelah Melahirkan Rambut Jadi Rontok?

30 November 2012 | 10:03

Rambut rontok setelah melahirkan memang sering sekali dialami oleh Ibu baru. Rambut rontok setelah melahirkan ini ternyata cukup mengkhawatirkan melihat rambut adalah mahkota perempuan. Tidak seperti kerontokan biasa, setelah melahirkan biasanya rontoknya akan semakin parah. Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena selama masa kehamilan, rambut berada dalam kondisi terbaik. Tebal, jarang rontok dan lebih mudah panjang. Hal ini terjadi karena peningkatan progesterone yang bisa mempengaruhi kesehatan dan kondisi rambut Anda. Tetapi setelah melahirkan, keadaan berbalik.

Rambut rontok setelah melahirkan

Jika selama hamil terjadi lonjakan hormone androgen yang menimbulkan rambut berada dalam kondisi terbaiknya. Tetapi setelah melahirkan, hormone tersebut menurun dan itulah yang membuat kondisi perempuan menjadi nge-drop, misalnya ada istilah baby-blues dan rambut rontok. Keadaan rambut rontok ketika hamil masih bisa diatasi, yaitu dengan lebih banyak minum suplemen yang mengandung vitamin E dan rajin melakukan perawatan rambut dari luar, misalnya menggunakan serum dan hair tonic yang mengandung lidah buaya.

Rambut rontok setelah melahirkan sebenarnya tidak perlu dicemaskan karena ini kondisi normal dan wajar. Rambut yang rontok setelah bersalin tidak akan menimbulkan kebotakan karena setelah satu tahun pertama bayi, maka rambut akan kembali normal. Kondisi rambut akan kembali normal setelah 6-12 bulan melahirkan. Jadi, Anda tak perlu cemas dan takut.

Nah setelah itu, Anda bisa mulai rutin melakukan perawatan rambut lagi, misalnya dengan mengkonsumsi suplemen dan makanan yang mengandung vitamin E. fungsinya adalah untuk menyubuurkan rambut dan memperkuat akar rambut. Untuk perawatan dari luar, Anda bisa menggunakan hair tonic. Tetapi menggunakan hair tonic juga tetap harus memperhatikan cara-cara yang tepat agar tidak salah.

Rambut rontok setelah melahirkan bisa dikembalikan sehat dengan menggunakan hair tonic secara tepat. Jika rambut Anda termasuk berketombe dan berminyak, sebaiknya hilangkan dulu ketombe dan minyak tersebut. Karena jika tidak, hair tonic atau serum tidak bisa masuk dan tidak akan tampak hasil apapun. Untuk mengatasi kerontokan, sebaiknya Anda pastikan bahwa kulit kepala dalam keadaan bersih. Nah ketika kondisi kulit kepala sudah baik, maka serum atau hair tonic akan lebih mudah meresap dan hasil yang muncul juga akan lebih maksimal. Jadi, anda tidak akan menyia-nyiakan serum dan hair tonic yang sudah Anda beli. Sekarang saatnya menjadi Ibu yang sehat dan cantik.

Selain perawatan, Anda juga tidak boleh terlalu stress karena hal itu juga akan semakin memicu kerontokan rambut. Hiduplah berbahagia dengan sang buah hati dan pasangan yang selalu support Anda. Dengan begitu, masalah kerontokan ini bisa lebih mudah dihilangkan dan kembali memiliki mahkota yang cantik dan indah. Selamat berbahagia menjadi Ibu baru yang cantik dan sehat, Mom!