Sisi Lain Rasa Lapar

18 March 2013 | 09:36

Rasa lapar adalah tanda bahwa lambung sedang dalam keadaan kosong. Rasa lapar ini merupakan silkus alamiah yang biasanya terjadi beberapa lama setelah waktu makan. Jika selama ini rasa lapar yang muncul selalu diidentikkan untuk sesuatu yang kurang baik, maka sekarang saatnya untuk mengetahui manfaat lapar bagi tubuh. Karena sejatinya, tubuh pun membutuhkan rasa lapar tersebut. Kenapa?

Rasa lapar

  • Makan seimbang. Orang akan mulai lebih sering makan jika terjadi sesuatu hal, seperti rasa sedih, stress maupun rasa penat. Akibatnya, Anda akan makan lebih banyak. Nah ketika perut terasa lapar, maka Anda juga bisa melakukan analisa apakah yang terjadi benar lapar atau karena pelarian dari rasa sedih dan stress tersebut. Dengan begitu, pola makan Anda juga akan lebih terjaga dan lebih sehat dari sebelumnya.
  • Makan terasa lebih nikmat. Rasa lapar akan membuat rasa makanan semakin nikmat di lidah. Hal ini tentu saja berbeda ketika perut dalam kondisi kenyang, dimana kelezatan makanan akan berkurang karena tidak terecap secara maksimal. Dengan begitu, Anda akan lebih bisa menghargai makanan dan selalu berpikir ulang untuk membuang atau menyisakannya.
  • Anak akan lebih lahap ketika makan. Salah satu problematika orang tua adalah anak yang susah makan karena suka pilih-pilih makanan. Nah untuk menyiasatinya, Anda bisa membiarkannya merasa lapar terlebih dahulu. Kenapa? Karena ketika perutnya terasa lapar, dia akan lebih menghargai makanan dan membuatnya terpacu untuk mencoba aneka makanan yang sudah Anda siapkan. Dengan begitu, dia juga akan lebih menikmati acara makan yang Anda berikan.
  • Makan menjadi lebih disiplin. Rasa lapar akan mempengaruhi kebiasaan disiplin Anda saat makan. Mengapa? Karena dengan adanya rasa lapar ini, Anda akan sadar dan mulai membiasakan diriuntuk makan teratur di pagi, siang dan malam hari di waktu yang sama setiap hari. Karena jika Anda disiplin dengan asupan makanan yang Anda konsumsi, maka Anda juga akan terhindar dari rasa lapar dan juga penyakit yang menyertainya.

Kesimpulannya, dengan mengenal rasa lapar di dalam tubuh, kita jadi mempunyai peringatan alamiah dari dalam tubuh tentang keadaan di dalam lambung dan tubuh kita. Dengan begitu, kita sebagai manusia bisa mencegah dan mengantisipasi agar badan tetap sehat dan kuat.